Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan bahaya bekicot untuk ayam aduan

manfaat dan bahaya bekicot untuk ayam aduan

Bekicot atau biasa disebut dalam nama latinnya achatina fulica memiliki segudang manfaat positif untuk ayam aduan kita, jika anda mempunyai hobi memelihara ayam jenis aduan maka wajib tambahkan bekicot ini dalam daftar menu pakan harian ayam. Tetapi dibalik manfaatnya yang begitu banyak, ternyata bekicot ini juga memiliki efek samping yang berbahaya untuk ayam aduan.

Manfaat bekicot untuk ayam aduan

berikut ini bebarapa manfaat bekicot untuk ayam aduan:

1. Mengobati luka

Seperti kita ketahui sesuai dengan namanya bahwa ayam jenis aduan atau sering disebut juga ayam laga ini memang dibudidayakan sebagai ayam petarung. Sehingga dalam prakteknya, ayam kita tentu akan mengalami luka dan memar saat berlatih maupun saat dilagakan, untuk itu penting bagi pemilik ayam agar memberikan bekicot ini untuk pertolongan pertama mengobati luka pada ayam aduannya.

2. Mempercepat proses penyembuhan

Luka luar ataupun memar yang terjadi pada ayam aduan setelah dilagakan tentunya tidak serta merta langsung sembuh, dibutuhkan hingga beberapa hari sampai luka dan memar tersebut benar-benar pulih kembali. Selama proses penyembuhan ini bekicot masih harus diberikan untuk ayam aduan kita.

3. Menambah stamina ayam aduan

Ayam aduan membutuhkan perlakuan khusus sebelum benar-benar siap dilagakan, selain kedisplinan pemilik dalam melatih ayam aduannya, pemberian makanan sehat dan doping tambahan juga diperlukan untuk menambah stamina ayam aduan kita. stamina yang besar sangat dibutuhkan ayam saat dilagakan dan dengan menambahkan bekicot dalam menu rangsumnya.

4. Menambah birahi ayam

Birahi yang tinggi salah satu ciri-ciri bahwa ayam aduan dalam kondisi prima dan siap laga, biasanya pemilik akan memberikan menu rangsung tambahan untuk merangsang birahi ayam aduan, bekicot menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai menu tambahan untuk menambah birahi ayam aduan kita.

5. Menguatkan dan menyehatkan bulu ayam

Kita dapat menambahkan bekicot sebagai alternatif ransum tambahan, kandungan yang terdapat pada bekicot mampu membuat bulu ayam aduan semakin kuat, sehat, dan mengkilap. Mengingat bahwa ayam merupakan jenis hewan pemakan biji-bijian bukan pemakan daging maka penggunaan bekicot ini tidak dianjurkan untuk diberikan setiap hari.

Siapa yang tidak mengenal bekicot, hewan bercangkang dan berlendir ini dapat kita jumpai dikebun maupun tempat-tempat yang lembab seperti disekitar pohon pisang, tempat sampah, ataupun disemak-semak. Pada musim hujan populasi bekicot semakin meningkat, tentunya hal ini dipengaruhi karena bekicot menyukai suhu yang lembab. Apalagi dengan adanya curah hujan yang tinggi membuat munculnya tunas-tunas daun dan rumput tumbuh subur, seperti kita ketahui bahwa makanan bekicot adalah daun-daunan segar.

Meskipun bekicot memiliki banyak manfaat untuk ayam aduan namun bekicot juga memiliki efek samping dan bahaya untuk ayam aduan apalagi jika kita tidak mengetahui tata cara pemberian yang tepat. Untuk itu kita harus memahami aturan, dosis, serta teknik pemberian yang tepat dan dianjurkan, agar meminimalisir dampak dan resiko yang terjadi pada ayam aduan kesayangan kita. 

Baca juga: Teknik cara pemberian bekicot untuk ayam aduan.

Bahaya bekicot untuk ayam aduan

Lantas seberapa bahayanya bekicot untuk ayam aduan, seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa ayam adalah hewan yang pakan utamanya adalah biji-bijian sehingga pemberian bekicot tentu tidak dianjurkan sebagai rangsum pokok harian. 

  1. Berhubung bekicot merupakan hewan yang memiliki jumlah lendir yang sangat banyak, jika dikonsumsi ayam aduan secara berlebihan dapat menyebabkan flu dan serak biasanya peternak menyebutnya klokor, 
  2. Sistem pencernaan pada ayam tidak dilengkapi kemampuan untuk memproses daging, memberikan bekicot setiap hari dapat merusak usus, lambung dan sistem pencernaan ayam.
  3. Kandungan pada bekicot terdapat racun yang dapat merusak fungsi ginjal dan hati, teknik pemberian yang salah dapat mengakibatkan ayam aduan menjadi sakit, bahkan dibeberapa kasus dapat menyebabkan kematian pada ayam.
Demikian beberapa info manfaat dan bahaya bekicot untuk ayam aduan meskipun terdapat beberapa bahayanya, tetapi apabila teknik dan porsi pemberian sesuai aturan maka hasilnya ayam aduan kita akan menjadi lebih sehat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk belajar dan jangan malu bertanya pada ahlinya, dengan begitu bekicot yang selama ini kita kenal sebagai hama tanaman menjadi lebih bermanfaat lagi khususnya bagi kita sebagai peternak ayam aduan.    

Posting Komentar untuk "Manfaat dan bahaya bekicot untuk ayam aduan"