Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi pengusaha sukses, dari hobi ternak menjadi bisnis

menjadi pengusaha sukses, hobi ternak menjadi bisnis

Hobi atau biasa disebut kegemaran ataupun kesenangan, biasanya hanya dilakukan untuk mengisi waktu kosong. Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing, ada kalanya beberapa orang memiliki hobi yang sama. Lalu apakah anda memiliki hobi? sangat mustahil bila ada seseorang mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki hobi sama sekali. Dari sebuah hobi seseorang mendapatkan jatidirinya, dengan bayaknya jenis hobi yang ditekuni juga menginterpretasikan bahwa seseorang tersebut memiliki kehidupan yang dinamis.

Dari berbagai macam hobi, ada hobi yang bersifat positif adapula hobi yang bersifat negatif. Untuk hobi yang negatif tidak akan kita bahas disini dan bila anda memiliki hobi yang negtif, alangkah baiknya segera ditinggalkan saja. Kembali ke hobi yang positif, sebenarnya ada banyak sekali jenisnya salah satunya yang akan kita bahas sekarang adalah hobi beternak. Beternak merupakan hobi ataupun kesenangan positif, kenapa saya bilang begitu karena dengan beternak kita sudah membantu melestarikan hewan, melalui beternak kita juga telah membantu memenuhi hajat hidup orang banyak. 

Mengenai hobi beternak sebenarnya juga banyak jenis ternak yang dapat dibudidayakan, seseorang ada yang memiliki hobi ternak ayam, ada yang hobi ternak sapi, lalu ada yang hobi ternak ikan, ternak kupu-kupu, bahkan ada yang ekstrim seperti hobi ternak ular. Apapun hobi ternak kalian satu hal yang wajib adalah jangan sampai hobi kalian tersebut mengganggu kenyamanan ataupun kesenangan orang lain. Sebagai contoh misalnya kita hobi ternak ayam tetapi kita hidup ditengah-tengah lingkungan padat penduduk, tentunya hal ini akan mengganggu orang sekitar jika tidak dapat mengatur kandang dan mengelola kotoran ayamnya.

Masih mengenai hobi ternak bagaimana caranya hobi tersebut menjadi bisnis yang menjanjikan? ada pepatah mengatakan:

"Suatu usaha yang dijalani berdasarkan minat dan hobi akan lebih terlihat hasilnya daripada usaha yang dijalani hanya untuk memenuhi rutinitas keseharian." 

 Dari situ, jika hobi ternak kita jalani dengan serius maka tidak menutup kemungkinan yang awalnya hanya sebuah hobi berubah menjadi usaha peternakan yang menjanjikan, kita bisa menjadi pengusaha sukses dibidang peternakan. Sampai disini apakah kalian sudah mulai tertarik memiliki hobi beternak? mari kita bahas lebih dalam lagi hobi ternak menjadi bisnis. 

Sebagai contoh mudahnya saat kita yang memiliki hobi beternak ayam, lalu kita jalani hobi ini dengan serius, tentunya ayam yang awalnya hanya memelihara beberapa ekor lambat laun akan bertambah banyak, apalagi jika awal peliharanya terdiri atas beberapa pasang tentu proses bertambahnya akan lebih cepat pula. Selanjutnya dari yang awalnya hanya memiliki kandang kecil tentu akan menambah dan memperluas kandangnya agar mampu menampung semua ayam-ayam kita.

Nah, dari sini dengan semakin banyaknya ayam yang dipelihara tentu kita akan memikirkan bagaimana mengelola ayam-ayam kita ini agar lebih bernilai ekonomis, secara awalnya kita memulai ternak ini hanya sekedar hobi yang pastinya kita juga tidak memikirkan dampak kedepannya termasuk membengkaknya biaya pakan, perawatan dan lain-lain. Tetapi berangkat dari masalah inilah, akhirnya kita dapat memutuskan berbagai cara agar hobi tetap berlanjut tanpa terbebani urusan pakan dan perawatannya.

Baca juga: Cara menghitung dan analisa laba-rugi beternak ayam kampung.

Seperti kita ketahui pangsa pasar ayam sangat terbuka lebar minat pembeli juga masih sangat tinggi, berbagai jenis ayam seperti ayam petelor, ayam pedaging, ayam laga, maupun ayam hias saat ini diperjual belikan secara bebas. Kita dapat mulai menjual ayam hasil ternak kita ini untuk memenuhi kebutuhan pakan dan biaya perawatannya, lalu uang sisa penjualan menjadi pemasukan tambahan. 

Dari peternakan kecil yang kita kelola ini, karena semua diawali dari hobi tentunya semangat dan kemampuan kita dalam beternak sudah tidak diragukan lagi, kita sudah terbiasa menangani ayam lengkap dengan berbagai teknik perawatannya. lantas kenapa tidak dilanjutkan ketahap yang lebih besar lagi? mulailah dengan mencari pelanggan yang lebih banyak lagi hingga akhirnya kita memiliki peternakan yang besar dan menjadi pengusaha sukses dibidang peternakan.

Hobi ternak lainnya yang dapat anda coba menjadi bisnis yang berpotensi adalah memelihara kambing. Kambing seperti kita ketahui memiliki banyak macam, mulai dari kambing lokal yang memiliki postur kecil, hingga kambing hias seperti jenis kambing Etawa.

Jika anda memiliki hobi memeihara kambing dan daerah anda masih termasuk pedesaan, maka hobi tersebut dapat menjadi potensi yang bagus untuk menjadi sebuh bisnis yang besar kedepannya.

Mengapa saya menekankan daerah pedesaan untuk memulai membesarkan hobi ternak kambing anda? jawabnya tentu saja karena stok pakan untuk kambing, khususnya rumput hijau masih melimpah. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kendala jika anda tinggal di perkotaan.

Mungkin saja saat ini kata hanya memelihara sepasang kambing, dengan kandang dan jumalah pakan yang dibutuhkan harian masih sedikit. Namun apakah hal ini akan terus anda pertahankan mengingat stok pakan di sekitar sangat melimpah?

berawal dari sini, saya mencoba membuka pikiran anda untuk melangkah lebih maju mengenai perhitungan secara ekonomi. Singkatnya, kambing adalah binatang yang pakannya bisa anda dapatkan secara gratis.

Saya ajak lebih dalam lagi tentang konsumsi daging kambing, anda juga pasti sadar bahwa saat ini kebutuhan masyarakat akan daging kambing juga semakin meningkat dari harganya juga semakin tinggi.

Nah, dari sini peluang bagi anda untuk membuat hobi ternak kambing menjadi sebuah bisnis usaha peternakan kambing. Dengan pangsa pasar yang sudah jelas tentunya bukan kendala saat anda ingin memasarkan kambing di kemudian hari.

Hal yang sama juga berlaku bagi anda yang memiliki hobi ternak sapi, anda dapat mengubah hobi ternak sapi menjadi peternakan sapi yang besar.

Intinya, apapun hobi anda di bidang peternakan ini, entah ternak ayam, ternak sapi, ternak kambing ataupun ternak lainnya asalkan di tekuni dan di kelola dengan baik niscaya usaha tidak akan menghianati hasil.

Posting Komentar untuk "Menjadi pengusaha sukses, dari hobi ternak menjadi bisnis"