Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal peternakan, pengertian, jenis dan manfaatnya Khusus Pemula

mengenal peternakan, pengertian, jenis dan manfaatnya

Mengenal Peternakan

Sektor peternakan merupakan salah satu jenis mata pencaharian yang banyak ditekuni oleh masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia sendiri kegiatan usaha peternakan juga banyak dikembangkan. Bahkan berdasarkan survey dilapangan menunjukan bahwa dari hari kehari peternakan di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan.

Pengertian dan Ruang Lingkup Peternakan

Peternakan adalah berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang ataupun sekelompok orang berkaitan dengan pemeliharaan dan pengembang-biakan hewan atau binatang untuk mendapatkan manfaat dan hasil.

Ruang lingkup dari peternakan ini dibedakan berdasarkan jenis hewan ternak yang di budidayakan, teknik pengelolaannya, skala jumlah hewan ternak yang dibudidayakan serta manfaat dan tujuan dari peternakan tersebut. Dari penjelasan tadi berarti apabila kita memiliki satu atau lebih hewan yang dipelihara dirumah maka kita sudah bisa disebut peternak.

Baca juga: Menjadi pengusaha sukses, dari hobi ternak menjadi bisnis  

Jenis Peternakan

Seperti yang sudah disinggung dalam pembahasan diatas bahwa peternakan dibedakan berdasarkan jenisnya.

Jenis hewan ternak yang dibudidayakan

Seperti yang kita ketahui di Indonesia sangat banyak kita temui berbagai jenis hewan yang diternak dan dikembang-biakan, bahkan dari jenis hewan tersebut ada beberapa hewan yang tak lazim atau masih sedikit orang yang mengembang-biakan misalnya saja ternak lintah, ternak kelabang, ternak ular kobra, dan ternak kalajengking.

1. Ternak Sapi 

Hewan berkaki empat ini telah lama diternakan oleh manusia. Hewan mamalia pemakan rumput satu ini banyak dimanfaatkan manusia untuk diambil daging dan susunya, ada berbagai macam jenis ras sapi yang banyak di budidayakan di Indonesia, antara lain: sapi limosin, sapi brahman, sapi simental, sapi ongole, sapi madura, dan beberapa jenis sapi lainnya. Kebutuhan akan sapi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan khususnya disaat menjelang hari Raya Kurban.

2. Ternak Kambing

Kambing merupakan jenis hewan ternak yang dipelihara untuk diambil dagingnya, adapula kambing yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan susunya, jenis ras kambing yang di ambil susunya salah satunya adalah ras kambing etawa. Menurut sejarahnya kambing etawa ini berasal dari negara India, sedangkan di Indonesia sendiri kambing etawa ini sudah banyak di kembang-biakan dan biasa disebut PE atau Peranakan Etawa. Peternakan PE yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah dari kota Purworejo-Jawa Tengah

3. Ternak Ayam

Ayam menjadi salah satu jenis hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia, mulai dari skala peternak rumahan sampai jenis peternakan skala industri. Hewan yang masuk kategori unggas ini banyak dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan telornya. Seperti yang kita tahu bahwa daging dan telor ayam ini kaya akan gizi dan protein yang bermanfaat bagi manusia, sehingga tak jarang kita selalu mencantumkan masakan olahan daging ataupun telor ayam kedalam menu makanan harian. 

Bahkan demi meningkatkan komoditas ayam di Indonesia, Dinas Pertanian dan Peternakan melalui badan penelitian dan pengembangan pertanian (Balitpangtan) menciptakan ayam KUB. Ayam KUB merupakan jenis ayam seleksi genetik hasil persilangan beberapa jenis ayam yang bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan mutu hasil panen. Selain ayam KUB ada juga jenis ayam JOPER, ayam Broiler dan beberapa jenis lain yang banyak dibudidayakan masyarakat.

Baca juga: Persiapan awal memulai usaha ternak ayam bagi pemula

Selain untuk dimanfaatkan daging dan telornya, ada juga jenis ras ayam yang dipelihara sengaja dengan tujuan utama sebagai hewan hias, jenis ayam ras ini antara lain: ayam bekisar, ayam brahma, ayam cemani,ayam kalkun, dan lain-lain. Meskipun tujuan utamanya sebagai hewan hias, bukan berati ayam ras jenis ini tidak bisa dikonsumsi, ayam hias ini boleh saja dikonsumsi, namun berhubung harganya yang mahal ini menjadikan kita harus berfikir dua kali jika ingin memasaknya. 

4. Ternak Kucing

Menyinggung mengenai tujuan beternak adalah untuk mendapatkan manfaatnya, ini maksudnya bukan berarti setiap jenis ternak yang dipelihara harus dapat dikonsumsi. Salah satunya adalah ternak kucing, hewan lucu nan menggemaskan ini sengaja dipelihara khusus sebagai hewan hias. Meskipun ada sebagian orang yang mengkonsumsi kucing, tetapi saya pribadi tekankan bahwa kucing adalah hewan ternak piaraan yang manfaat utamanya sebagai hewan hias BUKAN untuk dikonsumsi manusia.

5. Ternak Lintah

Budidaya lintah memang terdengar asing dan kurang lazim untuk dipelihara, apalagi pakan lintah ini seperti yang kita ketahui adalah darah segar. Namun lintah ini dapat digolongkan sebagai hewan ternak karena bertujuan untuk dimanfaatkan hasilnya. Lintah yang memiliki nama ilmiah Hirudinea ini dibudidayakan dengan tujuan medis, salah satunya yaitu untuk diambil minyaknya, selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai media terapi lintah. Selain lintah, ada juga jenis ternak ekstreem lain yang sengaja dibudidayakan untuk tujuan medis seperti misalnya ternak kelabang, ternak kalajengking, ternak ular kobra, dan lain-lain.

Manfaat Peternakan

Pada pembahasan diatas dijelaskan bahwa tujuan memelihara hewan ternak adalah untuk diambil manfaatnya, namun manfaat utama dari peternakan ini memiliki cangkupan yang lebih luas khususnya apabila sudah menyangkut usaha dibidang peternakan. Berikut beberapa manfaat peternakan:

1. Sebagai salah satu jenis usaha atau mata pencaharian

2. Meningkatkan kebutuhan pangan dan gizi manusia

3. Berpengaruh positif terhadap ekosistem dan kehidupan hewan atau binatang.

Posting Komentar untuk "Mengenal peternakan, pengertian, jenis dan manfaatnya Khusus Pemula"