Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ayam Yang Jarang Di Ketahui

10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ayam Yang Jarang Di Ketahui

Banyak dari kalangan peternak ayam memanfaatkan minyak ikan sebagai salah satu teknik dalam perawatan hariannya. Minyak ikan sendiri memang dipercaya sangat bagus untuk diberikan pada ayam karena berguna dalam menjaga kesehatan ayam.

Manfaat minyak ikan untuk ayam

Berikut ini 10 manfaat dari minyak ikan yang jarang diketahui, antara lain: 

1. Meningkatkan nafsu makan

Kandungan yang terdapat pada minyak ikan sangat bermanfaat bagi ayam yang sering pilih-pilih makanan, apabila anda menginginkan ayam menjadi lahap makan dan cepat gemuk maka minyak ikan ini adalah solusinya.

Pemberian minyak ikan 3 kali seminggu sudah cukup membuat ayam anda menjadi nafsu makannya meningkat. Teknik pemberiannya cukup mudah, yaitu dengan di cokolkan langsung ke mulutnya ataupun dengan cara di buka kapsulnya lalu di campurkan dengan rangsum hariannya.

Untuk setiap ayam dewasa cukup di berikan 1 kapsul, dan untuk anak ayam cukup setengahnya saja. waktu pemberiannya juga sama, yaitu cukup 3 kali seminggu.  

2. Menguatkan bulu ayam

Manfaat dari minyak ikan selanjutnya adalah menguatkan bulu ayam. Seperti kita ketahui bahwa ayam yang tidak sehat akan memiliki bulu yang mudah patah, lemas dan rusak.

Dengan pemberian minyak ikan ini maka bulu ayam kita menjadi lebih kuat dan tentunya ayam menjadi lebih sehat, dan cantik menarik jika bulunya tidak ada yang rusak.  

3. Bulu yam terlihat mengkilap

Pemberian minyak ikan secara rutin juga mampu membuat bulu ayam menjadi lebih halus dan mengkilap. Apalagi untuk jenis ayam hias yang dikenal memiliki bulu bervariasi maka mengutamakan warna bulunya tetap sehat, dan mengkilap adalah faktor terpenting dalam rawatan harian untuk ayam hias tersebut. 

4. Mempercepat pertumbuhan bulu

Meskipun memang pada dasarnya ayam akan merontokan bulunya secara periode tertentu sebagai teknik untuk meremajakan bulu yang tua dan rusak. Selanjutnya buulu yang rontok tersebut akan digantikan dengan tumbuhnya bulu baru.

Proses pergantian bulu ini, sering di sebut sebagai ayam mabung. Namun beberapa ayam sering mengalami proses pertumbuhan bulu yang lama, bahkan juga sering kali terjadi bulu baru yang tumbuh terlihat jelek.

Untuk itu, ayam yang sedang mabung perlu diberikan minyak ikan agar pertumbuhan bulunya lebih cepat dan efektif.

5. Kulit ayam menjadi merah

Terlebih untuk ayam jantan dan jenis ayam aduan, ciri dari ayam tersebut sehat adalah dari warna kulitnya yang merah merona. Meskipun bukan ciri utama, namun yang pasti dengan warna kulit tersebut ayam akan terlihat lebih gagah.

6. Menyehatkan saraf

Masih dari manfaat minyak ikan selanjutnya yaitu untuk menyehatkan saraf ayam. Khususnya bagi ayam laga, saraf merupakan hal terpenting yang mendukung kemampuannya ketika dilagakan.

Ketika ayam berlaga mulai dari saraf otot hingga saraf otak, semuanya harus berfungsi optimal dan cara untuk menjaga kesehatannya salah satunya dengan pemberian minyak ikan ini secara rutin.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sudah bukan rahasia lagi tentang teknik mejaga kesehatan ayam agar terhindar dari wabah virus berbahaya. para peternak sukses sering membagikan tips nya dalam meningkatkan kekebalan dan sistem imunitas ayam dengan pemberian minyak ikan ini secara rutin. 

8. Meningkatkan stamina

Salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh ayam, khususnya jenis ayam aduan adalah memiliki stamina yang kuat. Untuk itu para penghobi ayam aduan sering menambahkan minyak ikan ini dalam menu rawatan harian ayamnya.

Kandungan pada minyak ikan memang sangat berguna untuk meningkatkan stamina dan kekuatan ayam, namun tentunya semua harus diberikan sesuai dosis yang dianjurkan.

9. Mempercepat paska penyembuhan

Keunggulan dari munyak ikan yang lain adalah bermanfaat bagi ayam dalam proses mempercepat penyembuhan. Ayam yang sembuh dari sakit tidak serta merta langsung pulih sehat seperti sedia kala. dalam tahapannya membutuhkan asupan bergizi dari pakannya. 

Dengan minyak ikan ini seperti yang telah disebutkan di atas akan meningkatkan nafsu makannya sehingga asupan yang dibutuhkan ayam segera terpenuhi dan ayam nenjadi cepat pulih sehat kembali.

10. Meningkatkan birahi

Ayam yang kurang birahi ataupun birahinya menurun tentunya tidak diinginkan oleh para peternak, karena pastinya akan mempengaruhi tingkat produkstivitas.

Untuk itu minyak ikan ini sangat diperlukan agar birahi ayam tetap stabil, dan produktivitasnya tidak terhambat, menjadi produksi telur tetap lancar dan peternak tidak dibayangi ketakukan akan merugi karenanya.

Kandungan penting pada minyak ikan

Dengan banyaknya manfaat dari minyak ikan tersebut, tentunya karena pengaruh kandungan yang terdapat di dalam minyak ikan. Yang antara lain meliputi:

1. Asam lemak Omega-3

2. Protein

3. Vitamin A

4. Vitamin D

Semua nutrisi yang terkandung didalam minyak ikan tersebut sangat baik untuk ayam.

Bahaya minyak ikan pada ayam

Meskipun minyak ikan ini memiliki segudang manfaat bagi ayam, namun pemberian yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena tentunya malah dapat mengganggu kesehatannya.

Beberapa hal yang mungkin dapat terjadi apabila ayam terlalu berlebihan mengkonsumsi minyak ikan antara lain:

1. Ayam dapat terkena diare

2. Gangguan fungsi hati pada ayam

3. Pendarahan berlebihan saat ayam terluka

4. Terlalu banyak lemak menumpuk pada ayam

5. Merusak sistem pencernaan ayam

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ayam Yang Jarang Di Ketahui"