Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Bubul Pada Ayam, Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Penyakit Bubul Pada Ayam, Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Bubul atau bubulan merupakan jenis penyakit yang umumnya terjadi pada telapak kaki ayam. Dalam dunia medis, bubul ini masuk dalam kategori tumor. bentuk umum dari bubul ini seperti benjolan dan bengkak di telapak kaki ayam, yang lama-kelamaan benjolan tersebut akan mengeras atau bahkan ada yang membusuk.

Meskipun tidak berakibat fatal, namun bubul ini sangat mengganggu aktivitas ayam. Khususnya saat berjalan ayam akan terlihat pincang, selain karena benjolan tersebut membuat kaki tinggi sebelah juga karena rasa sakit yang diakibatkan dari bubul tersebut.

Pada ayam pedaging atau ayam potong yang terkena bubul, akan dianggap cacat atau rusak. Sehingga akan mengurangi nilai jualnya.

Penyebab penyakit bubul

Penyakit bubul dapat menyerang semua ras ayam, dari umur DOC hingga ayam yang sudah dewasa. Beberapa faktor penyebab ayam terkena bubul antara lain:

1. Kandang yang kotor

Bubul dapat disebabkan dari lingkungan kandang yang kotor, umumnya karena kotoran ayam yang menempel di telapak kaki ayam menjadi penyebab utamanya.

Seperti kita ketahui bahwa kotoran ayam selain baunya yang menyengat juga sangat ganas jika mengenai telapak kaki. Apabila kotoran ayam tersebut mengenai telapak kaki manusia, maka dapat menyebabkan kudis, kutu air, dan rangen. Sedangkan jika mengenai telapak kaki ayam, maka dapat menyebabkan penyakit bubul.

2. Alas kandang yang keras

Penyebab lain dari bubul adalah karena alas kandang yang keras. Hal tersebut membuat telapak kaki ayam terluka, infeksi ataupun kapalan, yang akhirnya berkembang menjadi bubul.

3. Luka di telapak kaki

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa telapak kaki ayam yang terluka, mengakibatkan bibit bakteri masuk melalui luka tersebut. Selanjutnya luka yang terinfeksi jika tidak segera diobati akan menjadi bubul. 

4. Jenis ayam batu lapak

Ciri khas ayam batu lapak adalah memiliki sisik di telapak kakinya, Meskipun keberadaan sisik di telapak kaki menjadikan ayam tersebut unik, namun efeknya sela-sela sisik yang ada ditelapak kaki tersebut mengakibatkan bakteri mudah masuk dan bersarang sehingga menyebabkan bubul.

Cara mengobati ayam yang terkena bubul

Terdapat berbagai teknik pengobatan untuk ayam yang terkena bubul yang biasa dilakukan oleh para peternak. Antara lain sebagai berikut:

1. Pemberian antiseptik

Obat Antiseptik ini di oleskan pada telapak kaki ayam yang terkena bubul kemudian dibalut agar obat cepat meresap kedalam telapak kaki. Sebelum di olesi antiseptik, telapak kaki ayam harus dibersihkan tersebih dahulu yaitu dengan cara di cuci menggunakan air bersih.

2. Pemberian obat pereda nyeri

Ayam yang terkena bubul akan merasakan sakit di area telapak hingga menjalar ke bagian atas kakinya. Pemberian obat pereda nyeri ini, dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

3. Di rendam air es

Merendam kaki ayam yang terkena bubul dengan air dingin ataupun air es merupakan terapi dan pengobatan alternatif yang efektif untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus dapat mengempeskan bengkak yang terdapat pada telapak kaki ayam tersebut.

4. Operasi ringan

Melakukan sayatan kecil pada telapak kaki ayam yang bubulan lalu membersihkan isi benjolan. Selanjutnya balut dengan perban agar luka sayatan menutup dan cepat sembuh. Proses operasi ini hanya dilakukan apabila bubul berbentuk benjolan berisi nanah dan darah kotor. 

Tips agar ayam terhindar dari bubul

Seperti halnya jenis penyakit lainnya, sebenarnya bubul ini dapat dicegah, atau dihindari. Berikut ini beberapa tips agar ayam terhindar dari penyakit bubul

1. Kandang selalu bersih

Membersihkan area kandang untuk memastikan kotoran ayam tidak terinjak-injak merupakan salah satu cara agar ayam tidak terkena bubul

Kandang yang lembab dan becek juga menjadi salah satu faktor penyebab bubul, oleh karea itu selalu menjaga kondisi kandang tetap kering dan suhunya tepat merupakan langkah bijak agar ayam terhindar dari bubulan.

2. Gunakan alas kandang dari pasir atau merang

Alas kandang yang empuk akan membuat telapak kaki ayam lebih nyaman ketika berpijak. anda dapat menggunakan pasir atau juga merang (sekam padi) sebagai alas kandang ayam.

Selain itu jika di dalam kandang disediakan tangkringan atau tenggeran ayam, usahakan posisinya jangan terlalu tinggi, serta gunakan kayu atau bambu yang bulat agar ayam merasa nyaman ketika bertengger.

3. Teknik rawatan yang tepat

Setiap peternak biasanya memiliki teknik rawatan khusus yang berbeda-beda, namun intinya bertujuan agar ayam selalu terjaga kesehatannya, dan terhindar dari segala macam penyakit. Anda juga dapat memanfaatkan bumbu dapur sebagai obat alternatif sekaligus rawatan harian untuk ayam kesayangan.

Posting Komentar untuk "Penyakit Bubul Pada Ayam, Penyebab Dan Cara Pengobatannya"