Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Pepaya Untuk Ayam Bangkok, Rugi Jika Anda Belum Tahu!

Manfaat Daun Pepaya Untuk Ayam Bangkok, Rugi Jika Anda Belum Tahu!

Selain berfungsi sebagai pakan alternatif ayam, daun pepaya atau daun kates ini memiliki banyak manfaat dan khasiat lebih khususnya untuk ayam bangkok.

Berbagai manfaat daun pepaya untuk ayam bangkok

Jika di daerah tempat tinggal anda banyak tumbuh pohon pepaya, anda bisa memanfaatkan daun pepaya tersebut dan jadilah bagian dari peternak cerdas. Asyik kata-katanya indah, seindah harapan kita untuk masa depan ayam bangkok kesayangan. 

Oke, langsung saja saya uraikan berbagai manfaat dari daun pepaya, atau kates dan juga gedang kalau menurut bahasa sunda, untuk ayam bangkok kesayangan anda:

1. Pakan alternatif

Daun pepaya salah satu jenis daun-daunan yang dapat anda gunakan sebagai pakan alternatif untuk ayam bangkok, bahkan sebenarnya bisa untuk pakan alternatif semua jenis ayam loh,

Seperti kita ketahui, ayam sering memakan rumput dan daun-daunan. Dengan menambahkan daun pepaya ini kedalam rangsum hariannya, berarti anda telah memenuhi salah satu kebutuhan ayam akan dedaunan.

2. Meningkatkan nafsu makan

Ayam yang dengan rutin mengkonsumsi daun pepaya, akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi. Hal ini tentunya bagus, sebab akan menambah bobot ayam semakin meningkat.

Ayam bangkok adalah salah satu jenis ras ayam yang paling sering mengalami gejala nafsu makan menurun, ataupun termasuk suka pilih-pilih makanan. 

Dengan memberikan daun pepaya ini maka nafsu makan ayam bangkok kesayangan anda akan pulih kembali seperti sedia kala, bahkan dapat lebih meningkat nafsu makannya dibandingkan sebelumnya.

3. Mengobati cacingan

Salah satu jenis penyakit yang sering dialami ayam bangkok adalah cacingan, solusinya cukup dengan menambahkan cacahan atau rajangan daun pepaya ini ke rangsumnya maka cacing akan keluar semua.

Daun pepaya terbukti sebagai salah satu tanaman yang dapat mengobati cacingan. Berikan daun pepaya ini dengan rutin agar ayam bangkok anda terhindar dari cacingan.

4. Sebagai antioksidan

Daun pepaya, dapat berfungsi sebagai antioksidan alami. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan ayam bangkok.

Fungsi utama dari antioksidan pada ayam bangkok adalah untuk menangkal radikal bebas, menyehatkan kulit dan bulunya serta membantu ayam agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

5. Meningkatkan stamina

Kandungan di dalam daun pepaya dipercaya sangat ampuh untuk meningkatkan stamina dan kekuatan ayam bangkok.

Sebagai ras petarung, stamina yang besar adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh ayam bangkok. Untuk itu perlu tambahan pakan yang dapat membantu meningkatkan staminanya, dan daun pepaya ini adalah salah satu solusinya.

6. Meningkatkan imunitas

Imunitas yang lemah adalah salah satu penyebab ayam menjadi mudah terserang penyakit. Agar ayam bangkok anda kebal terhadap berbagai jenis penyakit maka diperlukan peningkatan imunitas, yaitu dengan cara di vaksin dan tambahkan daun pepaya ini sebagai rangsum harian rutinnya.

7. Mengobati sakit pencernaan

Pencernaan yang sehat adalah kunci utama ayam bangkok memiliki nafsu makan tinggi dan selalu prima kondisinya. Namun efek cuaca ektrim dan lingkungan yang tidak menentu acap kali membuat pencernaannya terganggu.

Untuk itu perlu menambahkan daun pepaya ini ke dalam pakan hariannya. Daun pepaya ini di kenal mampu meredakan sakit pencernaan pada ayam. 

8. Meningkatkan birahi

Ayam bangkok sebagai salah satu jenis ras ayam aduan yang memerlukan birahi tinggi agar mampu tampil optimal saat dilagakan.

Agar ayam bangkok anda memiliki birahi yang stabil, anda dapat memberikan daun pepaya ini sebagai rangsum tambahannya. Daun pepaya dikenal memiliki kemampuan untuk menstabilkan birahi ayam.

Dengan birahi yang stabil, ayam bangkok menjadi tidak mudah stres. Selain itu apabila ayam bangkok tersebut merupakan pacek, maka birahi yang stabil tersebut akan sangat penting.

Jenis daun pepaya yang dapat digunakan

Pada dasarnya berbagai jenis daun pepaya dapat dikonsumsi ayam, berikut ini jenis pepaya yang daunnya dapat berikan untuk pakan ayam bangkok:

1. Daun pepaya california

Pepaya california di kenal memiliki buah yang panjang dan besar, ketika sudah masak buahnya sangat manis dan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh manusia.

Sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak ataupun juga dapat digunakan untuk pakan ayam bangkok kesayangan anda agar selalu sehat.

2. Daun pepaya bangkok

Ciri utama pepaya bangkok adalah buahnya yang lebih lonjong dan panjang daripada pepaya california. Daun pepaya bangkok juga dapat anda gunakan untuk pakan ayam bangkok kesayangan.

3. Daun pepaya hawai

Berbeda dengan pepaya dari dua jenis di atas, pepaya hawai atau biasa di sebut pepaya solo memiliki ukuran buah yang kecil dan bulat. Daunnya sangat bagus untuk obat-obatan, sehingga tentunya juga cocok sebagai pakan tambahan ayam bangkok.

4. Daun pepaya red lady

Pepaya red lady merupakan salah satu pepaya yang banyak di digunakan sebagai hidangan buah di berbagai acara. Daun pepaya ini juga sangat bagus untuk pakan hewan ternak dan unggas.

5. Daun pepaya Jepang 

Berbeda dari jenis pepaya pada umumnya, pepaya jepang tidak dapat berbuah, dan hanya dapat berbunga saja. Pepaya jepang ini memang khusus dimaanfaatkan sebagai tanamaan sayur. Daun dari pepayaa jepang ini juga dapat anda gunakan sebagai pakan ayam bangkok.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Pepaya Untuk Ayam Bangkok, Rugi Jika Anda Belum Tahu!"