Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Memandikan Ayam Aduan Malam Hari, Pahami Tekniknya Agar Tidak Keliru!

Manfaat Memandikan Ayam aduan Malam Hari, Pahami Tekniknya Agar Tidak Keliru!

Tujuan utama dalam memandikan ayam khususnya jenis ayam aduan adalah sebagai salah satu upaya dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina ayam.

Manfaat memandikan ayam di malam hari

Memandikan ayam merupakan sebuah ritual penting dalam hal perawatan harian yang biasa dilakukan oleh peternak ayam maupun khususnya para botoh ayam aduan.

Dalam memandikan ayam aduan setiap botoh memiliki teknik dan aturan masing-masing, namun umumya ritual mandi ayam ini dilakukan pada pagi hari dan malam hari.

Adapun tujuan dari memandikan ayam pada pagi ataupun malam hari memiliki manfaat dan tujuan yang hampir sama, yaitu agar ayam aduan kesayangan selalu sehat dan staminanya kuat.

Berikut ini detail manfaat memandikaan ayam aduan di malam hari:

Meningkatkan imunitas ayam aduan

Memandikan ayam aduan di malam hari tepatnya sebelum ayam tidur yaitu sekitar jam 7 atau jam 8 malam, dapat meningkatkan imunitas dan sistem kekebalan tubuhnya.

Ayam yang telah terbiasa dimandikan malam tidak akan mudah kedinginan, ayam menjadi terbiasa dan mampu beradaptasi pada suhu ataupun cuaca yang dingin.

Dengan kata lain, sistem pertahanan tubuh ayam akan lebih cepat tanggap, dan segera bereaksi mengantisipasi terhadap perubahan suhu.

Meningkatkan stamina

Ayam aduan yang rutin dimandikan malam hari akan menjadi lebih energik, dan tidak mudah lelah. Stamina yang terjaga ini sangat penting kaitannya bagi ayam jenis aduan.

Dengan dimandikan sebelum tidur, secara tidak langsung ayam akan lebih terjadwal waktu tidurnya. Sehingga tentunya istirahat yang cukup dan berkulitas tersebut akan membuat stamina ayam aduan tetap stabil.

Memerahkan sekaligus menebalkan kulit

Salah satu teknik untuk menebalkan dan memerahkan kulit ayam aduan adalah dengan memandikannya malam hari. Teknik ini sudah dipraktekan oleh para botoh tua dalam hal perawatan harian ayam aduan.

Secara teknis tubuh ayam akan bereaksi secara alami ketika kulit terkena air ataupun suhu dingin. Reaksi dari dalam tubuh ini kemudian membuat kulit ayam tampak merah merona dan lebih tebal.

Yang mana kulit merah merona dan tampak tebal adalah salah satu ciri yang mengidentifikasikan ayam aduan tersebut kondisinya sehat.

Nafas ayam menjadi panjang

Seperti halnya ketika kita sedang mandi, sebenarnya nafas kita secara tidak langsung akan mengikuti irama siraman air. Kondisi ini juga berlaku pada ayam aduan yang dimandikan, yaitu sebagai latihan mengolah nafasnya.

Dengan rutin memandikan ayam, berarti secara rutin juga ayam tersebut berlatih mengolah nafasnya. Tentunya dengan nafas yang terlatih, akan membuat ayam aduan menjadi memiliki nafas yang panjang dan tidak mudah ngos-ngosan.

Melancarkan peredaran darah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa tubuh ayam akan melakukan reaksi alami terhadap suhu dingin akibat dimandikan. reaksi tersebut salah satunya berupa aliran darah yang merata keseluruh tubuh, terlebih ke bagian yang terdampak suhu dingin.

Dengan rutin dimandikan, secara otomatis aliran darahnya menjadi stabil dan lancar. Yang tentunya aliran darah yang lancar tersebut sangat baik untuk kesehatan ayam tersebut.

Membersihkan kotoran

Meskipun terlihat sepele, namun nyatanya ayam selama seharian pasti akan mengalami kotor. Apalagi jika ayam aduan tersebut pada siang harinya di umbar.

Kotoran debu yang menempel ditubuh dan dikulit ayam tidak seluruhnya hilang dengan sendirinya. disitulah perlunya memandikan ayam malam hari.

Disamping itu kotoran pada ceker dan telapak kakinya juga perlu dicuci dan dibersihkan untuk menghindari penyakit bubul pada ayam aduan.

Teknik memandikan ayam aduan malam hari

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, terdapat beberapa teknik dan cara dalam memandikan ayam aduan di malam hari.

Ritual memandikan ayam

Ritual memandikan ayam adalah sebuah proses dimana ayam akan dibasahi dengan air, Umumnya jenis ayam aduan adalah yang paling sering mendapatkan perlakuan mandi ini.

Ketika memandikan ayam, beberapa hal yang harus disediakan antara lain:

1. Air bersih

Air bersih ini nantinya yang akan digunakan untuk membasahi ayam, air yang digunakan dapat berupa air dingin atapun juga air hangat.

Air dingin biasanya digunakan ketika ayam dimandikan pada pagi hari. Sedangkan air hangat biasanya digunakan para botoh ketika memandikan ayam pada malam hari.

2. Lap basah

Lap yang biasa dipakai ini dapat berupa spon ataupun kain handuk, dalam penggunaannya lap tersebut dicelupkan kedalam air yang telah disediakan.

Ketika akan digunakan untuk memandikan ayam, lap basah tersebut di usapkan kebagian tubuh ayam yang hendak dimandikan. Umumnya bagian ketiak, dada, pangkal ekor, dan kepala adalah hal wajib yang harus di lap.

3. Lap kering

Lap kering hanya digunakan pada saat memandikan ayam di malam hari, penggunaan lap kering ini bertujuan agar ayam tidak kedinginan ketika selesai mandi.

Disamping itu, lap kering ini sebenarnya digunakan untuk mengeringkan tangan dan bagian tubuh kita akibat basah setelah selesai memandikan ayam.

Bagian yang dibasahi

Ketika memandikan ayam aduan pada malam hari, hanya bagian tertentu saja yang dibasahi. Anda dapat menggunakan air dingin untuk mulai memandikannya, jangan lupa gunakan lap yang telah dicelupkan sebelumnya.

Penggunaan air hangat juga dapat dilakukan, khususnya untuk ayam aduan yang masih dalam tahaap pemuihan paska di lagakan. Air hangat tersebut sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan luka.

Alur atau urutan pembasahan ketika memandikan ayam malam hari

Bagian yang wajib dilap basah yang pertama adalah kaki (ceker) dan paha. proses memandikan malam hari dengan mengawali bagian kaki ataupun bagian bawah tubuh ini berfungsi penting agar temperatur suhu tubuh ayam tidak drop tiba-tiba.

Selanjutnya dapat anda lap bagian ketiak atau bagian dalam sayapnya, pada bagian tersebut biasanya kotoran debu masih banyak yang menempel dan harus dibersihkan.

Yang terakhir adalah bagian kepala, yaitu bagian kulit muka ayam, bagian ini penting selain untuk membersihkan sisa-sisa pakan yang kadang masih menempel disekitar paruh, juga berfungsi untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran.

Sebagai tahap akhir sebelum menyelesaikan ritual mandi malamnya, ayam juga sebaiknya di koroki dengan bulu. fungsi dari dikoroki tersebut untuk menghilangkan lendir dan sisa pakan yang mungkin menempel di dinding-dinding leher atau kerongkongan ayam.

Kesalahan yang sering dilakukan ketika memandikan ayam malam hari

Meskipun terlihat mudah dan simpel, namun pada kenyataannya masih saja ada yang salah mengartikan teknik dan aturan ritual memandikan ayam pada malam hari ini.

Berikut kesalahan yang sering terjadi ketika memndikan ayam malam hari:

1. Tidak memperhatikan kesehatan ayam

Meskipun tujuan utama memandikan ayam adaalah untuk menjaga kesehatan dari ayam itu sendiri, namun hal tersebut tidak berlaku jika ayam aduan sedang dalam kondisi tidak sehat.

Ayam yang sedang kurang fit apabila dimandikan malam hari dapat berakibat fatal, yang menyebabkan ayam menjadi terserang penyakit.

Setiap ayam memiliki tingkat imunitas yang berbeda-beda oleh karena itu penting bagi botoh untuk memahami karakter dan kemampuan ayamnya secara mendalam.

2. Lap terlalu basah

Memandikan ayam di malam hari akan berbeda tingkat kebasahannya, tidak seperti ketika memandikannya di siang hari. Usahakan lap basah diperas dahulu sebelum digunakan, artinya cukup di kompreskan saja jangan sampai basah kuyup.

Hal ini mengingat malam hari cuacanya lebih dingin apalagi tidak ada sinar matahari yang mampu membantu proses pengeringannya. Sehingga jika dirasa tubuh ayam terlalu basah, maka segera gunakan lap kering agar ayam tidak kedinginan.

3. Memandikan seluruh tubuh ayam

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa memandikan ayam malam hari hanya cukup bagian tertentu saja, khususnya hanya bagian kulit yang terbuka atau tidak ditutupi bulu.

Jangan memandikan ayam secara keseluruhan, apalagi hingga basah kuyup dan mengenai bulu-bulunya. Pada malam hari ayam cukup di pel dengan kain atau lap basah, bukan seperti saat memandikan ayam di pagi hari.

Apabila selama ini anda ketika memandikan ayam di malam hari masih menggunakan metode yang salah, segera hentikan dan jangan diulangi kembali. Karena akan berdampak buruk bagi kesehatan ayam aduan anda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Memandikan Ayam Aduan Malam Hari, Pahami Tekniknya Agar Tidak Keliru!"