Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Ayam Yang Terkena Bubul, Tips Ampuh Agar Bubul Cepat Sembuh

Merawat Ayam Yang Terkena Bubul, Tips Ampuh Agar Bubul Cepat Sembuh

Merawat ayam yang menderita penyakit bubul agar cepat sembuh

Penyakit bubul pada ayam sebenarnya memang tidak terlalu membahayakan, namun tentunya dengan cacatan apabila segera ditangani dengan tepat dan efektif. 

Penyakit bubul tidak dapat sembuh dengan segera setelah diobati, artinya terdapat rentan waktu pemulihan hingga beberapa hari setelah ayam mendapatkan pengobatan.

Paska penyembuhan merupakan poin utama yang harus anda perhatikan, karena jika salah dalam perawatannya maka bubul menjadi tidak sembuh bahkan kemungkinan akan berubah lebih parah.

Mengenai lama dan tidaknya penyakit bubul pada ayam tersebut dapat disembuhkan, semua tergantung dari cara kita melakukan perawatan selama tahap pengobatannya. 

Perawatan yang tepat adalah faktor penentu kesembuhan ayam

Jenis ataupun teknik pengobatan dalam menangani penyakit bubul bermacam-macam, semua tentunya tergantung dari kondisi ayamnya, serta tingkat keparahan dari bubul tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa bubul merupakan infeksi yang biasanya menyerang telapak kaki ayam, jenis infeksi ini tergolong dalam dua kategori yaitu ringan dan parah. Umumnya tingkat keparahan dari bubul dipengaruhi oleh lama dan tidaknya penyakit bubul tersebut bersarang.

Selain itu teknik pengobatan yang telah dilakukan juga sangat berperan terhadap tingkat penyembuhannya. Mengenai cara pengobatan penyakit bubul, anda dapat membaca lebih detailnya pada artikel saya yang lain.

Intinya perlu kita secepatnya mengobati penyakit bubul pada ayam, dan melakukan perawatan yang tepat agar penyakit bubul tidak bertambah parah, yang akhirnya akan berdampak pada kesehatan dari ayam tersebut. 

Tips ampuh merawat ayam yang terkena bubul agar cepat sembuh

Apabila anda merasa sudah melakukan pengobatan dan perawatan terbaik pada ayam anda, namun ternyata penyakit bubul tersebut tidak kunjung sembuh juga mungkin saja ada beberapa hal yang terlewatkan. 

Berikut ini tips dan cara merawat ayam yang terkena bubul agar cepat sembuh:

1. Kandang khusus

Selama proses penyembuhan, ayam yang menderita penyakit bubul harus ditempatkan di kandang khusus dan terpisah, selain itu jenis kandang yang digunakan usahakan luas dan lega. 

Anda dapat menggunakan kandang umbaran atau juga bisa diumbar liar sekalian, tentunya agar ayam lebih leluasa dan nyaman. 

Namun ketika ayam di umbar bebas pastikan tetap dalam pantauan ekstra, artinya jangan sampai ayam tersebut melakukan aktivitas yang mempengaruhi proses penyembuhan seperti berlarian, ataupun kedapatan tarung dengan ayam yang lain.

2. Alas kandang

Agar bubulan ayam dapat sembuh lebih cepat, penggunaan alas kandang yang tepat juga harus diperhatikan. Hal ini karena berkaitan letak penyakit bubul yang terdapat di telapak kaki ayam.

Telapak kaki yang terdampak bubul harus selalu berpijak di alas yang empuk dan nyaman, selain itu juga harus bersih dan kering. Khususnya apabila sebelumnya ayam tersebut telah mendapatkan pengobatan bubul melalui teknik operasi.

Alas yang bersih, empuk, dan kering akan mempercepat proses penyembuhan bubul, menghindari cidera fatal, serta menghindari bekas sayatan operasi terkena infeksi yang dapat memperparah kondisi ayam.

Anda dapat menggunakan pasir, sekam, ataupun rumput sebagai media alas kandang yang aman dan nyaman untuk ayam yang sedang menjalani proses penyembuhan.

Penggunaan alas kandang becek berlumpur

Teknik penggunaan alas kandang berupa media lumpur basah dapat anda terapkan apabila ayam yang terkena bubul tersebut belum atau tidak mendapatkan pengobatan melalui operasi.

Sifat dari lumpur basah yang dingin tersebut akan mengurangi efek sakit dari bubul, serta membantu mengempeskan bengkak yang terjadi di telapak kaki ayam.

Namun apabila sebelumnya telah dilakukan tahap operasi ataupun terdapat luka bekas sayatan di telapak kaki ayam saat proses pengobatannya, maka dianjurkan untuk tidak menggunakan media alas lumpur basah ini.

Lumpur yang basah akan masuk kedalam celah bekas luka sayatan dan menyebabkan infeksi, tentunya akan berakibat fatal dalam proses penyembuhannya.

3. Cek tingkat kesembuhan dan kemajuan progres secara berkala

Seperti yang sudah saya tuliskan, ketika mengobati bubul melalui teknik operasi maka bekas sayatan harus ditutup kembali menggunakan perban agar tidak terinfeksi.

Oleh sebab itu perlu dilakukan pergantian perban secara rutin, selain untuk memastikan proses operasinya berjalan lancar, juga untuk membersihkan kotoran dan sia-sisa darah kering yang menempel di telapak kaki ayam tersebut.

Ketika melakukan pergantian perban, sebaiknya juga dilakukan perawatan tambahan seperti pemberian betadine atau obat merah agar luka cepat kering dan tertutup sempurna.

Lakukan pengecekan dan perawatan ini secara berkala dan rutin hingga bubul tersebut benar-benar telah sembuh total. Anda juga dapat memantau cara berjalan dari ayam tersebut, apabila tidak terlihat pincang maka penyakit bubulnya dapat dinyatakan telah sembuh.

4. Asupan tambahan

Asupan tambahan selama proses penyembuhan termasuk bagian dalam tips perawatan agar penyakit bubul cepat sembuh. Jenis asupan tambahan ini terdiri dari pakan yang mengandung gizi seimbang serta multivitamin.

Pemberian pakan dengan kandungan gizi dan protein yang tepat dapat anda lakukan dengan cara memberikan pakan pabrikan, jenis pakan pabrikan sangat direkomendasikan karena takaran gizinya sudah teruji ketepatannya.

Sedangkan untuk multivitaminnya, anda dapat memberikan minyak ikan, ramuan herbal, daun pepaya, ataupun produk multivitamin ayam yang banyak beredar di pasaran dan toko online.

Posting Komentar untuk "Merawat Ayam Yang Terkena Bubul, Tips Ampuh Agar Bubul Cepat Sembuh"