Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Teknis Untuk Mencetak Ayam Bangkok Juara

Panduan Teknis Untuk Mencetak Ayam Bangkok Juara
Mencetak ayam bangkok juara

Sebagai pecinta ayam bangkok, tentunya selalu berupaya agar ayam bangkok yang dipelihara memiliki kualitas yang istimewa. Berbagai teknik perawatan pasti akan dilakukan sejak ayam bangkok masih DOC hingga tumbuh sebagai ayam bangkok yang siap berlaga. 

Bagi yang sudah terbiasa memelihara ayam aduan jenis bangkok, tentunya sudah mahir dalam hal teknik rawatan harian yang harus dilakukan. Namun kondisi tersebut akan berbeda jika anda adalah seorang yang masih awam dalam hal budidaya ayam bangkok.

Sebenarnya banyak cara yang dapat anda lakukan sebagai upaya agar ayam bangkok anda layak menyandang predikat ayam bangkok juara, Mulai dari manajemen pakan, teknik rawatan harian, dan ekstra fooding yang harus diberikan.

Kriteria ayam bangkok juara

Disebut sebagai ayam bangkok juara yaitu apabila ayam tersebut telah berhasil membuktikan kemampuannya dengan memperoleh kemenangan saat berlaga.

Terdapat beberapa penilaian dalam kontes ayam laga, namun tidak setiap kemenangan yang diperoleh bisa digunakan sebagai bukti bahwa ayam bangkok tersebut layak menyandang gelar juara.

Hasil kemenangan akan dikatakan masuk dalam kategori ayam bangkok juara adalah apabila kemenangan tersebut diperoleh melalui pertandingan yang sah dan fair.

Fair atau adil dalam hal ini artinya ayam bangkok yang dilagakan tersebut harus berada di kelas yang sama, kelas atau kategori yang biasa digunakan adalah ukuran tubuh, berat badan dan teknik atau gaya permainan.

Untuk menyandang gelar ayam bangkok juara, maka harus digandengkan dengan yang memiliki ukuran tubuh dan berat badan yang seimbang dengan lawannya.

Selain itu teknik bermain diantara kedua ayam yang dilagakan tersebut harus adil juga, artinya apabila ayam bangkok anda di gandengkan dengan ayam untul tentu ini tidak fair. Hasil kemenangan yang diperoleh ini tidak dapat digunakan sebagai acuan bahwa ayam bangkok anda menyandang juara.

Ayam yang kalah masih layak mendapatkan julukan ayam bangkok juara

Berbeda dengan jenis pertandingan pada umumnya, dimana yang menang akan menyandang gelar juara. Dalam kontes ini, pihak ayam yang kalah mungkin saja masih layak dianggap sebagai ayam bangkok juara.

Hal ini karena berkaitan dengan teknik dan gaya bertarungnya yang bagus. Tidak selalu ayam yang memiliki gaya permainan bagus dipastikan menjadi juara, tentunya karena selain musuhnya mungkin lebih unggul juga karena nasibnya saja yang belum beruntung.

Oleh karena itu jangan berkecil hati jika ayam anda belum bisa memenangkan pertandingan, asalkan gaya permainan yang disuguhkan memukau maka ayam bangkok anda tetap layak menyandang gelar juara.

Meskipun kalah dalam sebuah laga, banyak para peternak dan botoh ayam bangkok yang tertarik pada ayam anda. Asalkan gaya permainan dan mentalnya istimewa mereka siap memboyong ayam bangkok anda ke kandangnya, tentunya dengan harga yang fantastis juga.

Ciri ayam bangkok calon juara

Secara garis besarnya tidak setiap ayam bangkok setelah dewasa akan berhasil menyandang gelar juara, tentunya hal ini karena seekor ayam bangkok tersebut wajib memiliki kriteria sebagai calon juara.

Ciri-ciri calon ayam bangkok juara dapat di lihat dari beberapa aspek, antara lain:

Memiliki tulangan yang istimewa

Yaitu ayam bangkok harus memiliki bentuk tulangan yang besar dan rapat. Jenis tulangan yang besar menandakan bahwa ayam bangkok tersebut sangat kuat, sedangkan tulangan yang rapat menandakan bahwa ayam tersebut memiliki tadah yang bagus atau tahan pukul.

Postur tubuh yang ideal

Masih berkaitan dengan tulangan dari ayam bangkok, dimana bentuk tulangan akan mempengaruhi postur tubuh dari ayam bangkok tersebut.

Postur tubuh ayam bangkok sebagai ciri khasnya sebagai petarung handal, maka bentuknya harus ideal. Artinya ukuran posturnya harus proposional termasuk tinggi kaki, panjangnya leher, ukuran kepala dan panjang tubuhnya.

Ayam bangkok yang memiliki kaki terlalu panjang kurang bagus karena akan mempengaruhi kuda-kuda dan akselerasi pukulannya. Begitupun dengan ukuran tubuh yang pendek atau buntek, selain menyebabkan ayam tersebut kurang tahan pukul juga akan mempengaruhi teknik bermainnya. 

Riwayat penyakit

Ayam dengan riwayat kesehatan yang buruk tidak akan memiliki harapan untuk menjadi calon juara. Tntunya hal ini karena berpengaruh terhadap kemampuan dan kekuatannya yang menurun.

Ayam bangkok yang telah sembuh dari sakitnya tetap akan memiliki dampak atau efek samping jangka panjang, hal ini akan terlihat dari powernya yang kurang full seperti tampak mudah lelah dan nafasnya yang pendek.

Selain ciri-ciri diatas, masih banyak lagi kriteria lainnya yang mendukung ayam bangkok tersebut menjadi calon juara. Seperti harus memiliki tulang sumpit yang rapat, brutu yang besar, ekor yang kaku, bentuk kepala pinang dan lain sebagainya.

Agar ayam bangkok anda memiliki mental juara

Lantas bagaimana caranya mencetak ayam bangkok agar mampu menjadi juara? Disini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencetak ayam bangkok peliharaan supaya memiliki mental juara.

Teknik perawatan harian

Seperti kita ketahui dalam mencetak ayam bangkok juara tidaklah instant, salah satunya harus melalui proses perawatan yang sabar dan konsisten.

Berbagai perawatan harian seperti memandikan ayam, menjemur dan olahraga fisik harus dilakukan dengan teratur. Selain itu pemberian suplemen dan multivitamin tambahan, juga wajib sebagai pendukungnya. 

Perawatan harian yang dilakukan dengan baik dan tepat akan menjadikan ayam bangkok anda selalu sehat, memiliki nafas yang panjang, tidak mudah lelah, serta tentunya memiliki fisik dan power maksimal.

Merawat ayam bangkok sejak masih anakan

Agar ketika dewasa memiliki bakat juara, proses perawatan ayam bangkok harus dilakukan sejak dini. Merawat anakan ayam bangkok sejak masih usia muda akan menentukan kualitasnya ketika dewasa.

Jenis rawatan untuk anakan ayam bangkok dapat anda lakukan seperti pakan yang bermutu, kandang yang nyaman dan bersih serta jangan lupa memberikan multivitamin khusus untuk mempercepat pertumbuhannya.

Selain itu melakukan vaksin secara berkala juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ayam sekaligus agar terhindar dari virus penyakit ayam yang berbahaya.

Merawat ayam bangkok sejak masih anakan

Pemberian pakan yang bermutu

Ayam yang sehat diketahui dari jenis pakan yang dikonsumsinya, oleh karena itu penting untuk menjamin pakan ayam bangkok anda dengan jenis pakan yang berkualitas dan bergizi.

Jenis pakan dengan kandungan gizi yang sesuai dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan kemampuan bertarung ayam bangkok secara alami.

Ayam bangkok agar memiliki potensi juara harus terpenuhi protein, mineral, dan vitaminnya. Anda dapat meracik pakan khusus untuk ayam bangkok, pakan utama seperti beras merah ataupun jagung harus selalu tersedia pada rangsum hariannya, 

Jika ingin lebih praktis anda dapat menggunakan pakan pabrikan, seperti misalnya produk A594K atau merk lainnya. Jenis pakan ini sudah terjamin mutunya dan kandungan didalamnya telah diformulasikan sesuai kebutuhan ayam bangkok.

Sedangkan untuk anakan ayam bangkok dapat menggunakan pakan A591K atau A592K. Seri produk hi-pro-vite ini, cocok untuk pakan harian anakan ayam bangkok agar memiliki mental juara.

Kandang khusus ayam bangkok juara

kandang khusus ayam bangkok

Jangan anggap sepele mengenai urusan kandang, karena penggunaan kandang yang tepat juga akan menjamin ayam bangkok memiliki mental juara.

Jika anda sudah bertekad ingin mencetak ayam bangkok juara maka wajib untuk memiliki beberapa jenis kandang ini antara lain:

Kandang persegi panjang

Kandang jenis ini digunakan untuk mengumbar ayam bangkok di siang hari, ukuran dari kandang ini bervariasi umumnya berukuran 1x2 meter. Di dalam kandang juga di lengkapi dengan tangkringan, biasanya berupa kayu atau bambu yang bulat. 

Kandang istirahat

Kandang istirahat ini digunakan untuk tidur ayam bangkok di malam hari. Ukuran dan bentuknya juga bervariasi, ada yang berbentuk persegi dengan ukuran minimal 70 cm dan juga model wartel.

Untuk kandang persegi umumnya dapat terbuat dari bambu, kayu ataupun baja ringan di beri alas dan juga dilengkapi tempat untuk menampung kotorannya.

Sedangkan untuk yang model wartel, merupakan jenis kandang yang biasanya digunakan dalam teknik penjodohan. Anda dapat menggunakan kandang model wartel ini, dengan ukuran yang umumnya lebih lebar dari kandang persegi tentunya akan membuat ayam lebih leluasa dalam bergerak.

Kandang bulat

Kandang bulat merupakan salah satu variasi dari kandang persegi, selain fungsinya sebagai kandang umbaran juga dapat digunakan untuk melakukan olahraga fisik seperti klitren, dan lain-lain.

Untuk jenis kandang bulat ini biasanya di lengkapi alas atau ancak, serta dapat di pasang krodong atau kelambu. Fungsi kerodong atau kelambu ini sangat berguna ketika situasi kandang terlalu ramai ataupun banyak nyamuknya. 

Dengan adanya penutup kerodong ini, ayam bangkok lebih nyaman beristirahat, tidak terganggu suasana luar, tidak kedinginan, dan pastinya terlindung dari gigitan nyamuk.

Posting Komentar untuk "Panduan Teknis Untuk Mencetak Ayam Bangkok Juara"