Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Perawatan Anakan Ayam Bangkok Untuk Mempercepat Pertumbuhannya

Teknik Perawatan Anakan Ayam Bangkok Untuk Mempercepat Pertumbuhannya

Anakan ayam bangkok yang berkualitas didapatkan dari indukan dan pacek yang bagus. Namun selain itu, teknik perawatan harian juga sama pentingnya agar anakan ayam bangkok selalu sehat dan tumbuh kembangnya pesat.

Teknik perawatan harian untuk anakan ayam bangkok

Terdapat berbagai macam teknik harian yang dilakukan oleh para peternak dalam mengupayakan yang terbaik terhadap hasil budidayanya. Khususnya bagi peternak ayam bangkok, supaya menghasilkan jenis ayam bangkok yang bagus dan berkualitas, maka dibutuhkan perawatan yang ekstra.

Perlu untuk di ketahui bahwa perlakuan anda terhadap ayam bangkok sejak masih anakan akan sangat berpengaruh sekali ketika ayam bangkok tersebut tumbuh dewasa.

Agar anakan ayam bangkok memiliki pertumbuhan pesat

Agar anakan ayam bangkok yang anda pelihara dapat tumbuh optimal, diperlukan berbagai teknik perawatan khusus.

Berikut ini tips yang dapat anda lakukan agar anakan ayam bangkok anda memiliki pertumbuhan yang cepat dan kesehatannya terjamin hingga kelak sampai dewasa:

Pakan khusus anakan ayam bangkok 

Pada dasarnya ayam bangkok memang memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dari jenis ayam lain pada umumnya. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan pemberian pakan yang tepat dan berkualitas.

Pakan yang tepat untuk anakan ayam bangkok adalah harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya, hal ini menyangkut kandungan protein yang sesuai, dan juga kandungan-kandungan penting lainnya yang terdapat di dalam pakan tersebut.

Pakan yang berkualitas memang dapat dibuat sendiri, namun untuk hasil yang optimal, dan tentunya lebih efektif maka pakan pabrikan lebih dianjurkan sebagai pakan harian untuk anakan ayam bangkok.

Pakan pabrikan sudah terukur tepat kandungan gizi dan proteinnya disesuaikan berdasarkan jenis ayam dan usia dari ayam. Proses pengukuran dan uji laboratorium dari pakan pabrikan, tentunya akan lebih terjamin keakuratannya daripada ketika kita membuat racikan pakan sendiri.

Selain itu, pakan pabrikan atau biasa kita sebut fur ini telah disesuaikan ukuran dan bentuknya agar mudah dicerna oleh anakan ayam bangkok kita.

Jenis dan merk pakan yang direkomendasikan

Beberapa jenis dan merk dari pakan pabrikan yang direkomendasikan sebagai pakan untuk anakan ayam bangkok untuk mempercepat pertumbuhannya antara lain: 

  • A591K Hi-Pro-Vite, merupakan jenis pakan dengan kandungan protein yang cukup yang di formulasikan khusus untuk anakan ayam bangkok usia 0-4 minggu.
  • A592K Hi-Pro-Vite, merupakan kelanjutan dari merk A591K dan sangat cocok untuk usia anakan ayam 4-8 minggu.
  • BR1, merupakan pakan khusus ayam pedaging, namun juga cocok untuk anakan ayam bangkok, khususnya untuk memacu pertumbuhannya agar lebih cepat.
  • AD1, Meskipun merupakan jenis pakan yang dikategorikan untuk ayam buras, namun dapat juga digunakan sebagai pakan anakan ayam bangkok.
  • Kyojin, Merupakan pakan ayam yang diformulakan khusus untuk meningkatkan pertumbuhan tulang.

Jadwal pemberian pakan harian

Anakan ayam bangkok dikenal mudah lapar, hal ini karena seperti umumnya DOC, anakan ayam bangkok juga memiliki proses metabolisme yang cepat. 

Perlu diperhatikan bahwa makan dengan porsi berlebihan ataupun terlalu kenyang tidak akan efektif dalam meningkatkan tumbuh kembang anakan ayam bangkok.

Untuk itu, agar anakan ayam bangkok  tidak kerdil, atau terlambat dalam pertumbuhannya, maka wajib diberikan makan yang cukup dan teratur.

Ingat, pakan yang diberikan untuk anakan ayam bangkok harus berkualitas. Berikan secukupnya saja dan harus konsisten waktu pemberiannya. Pakan secukupnya diartikan bahwa ketika setiap kali memberi pakan, maka harus dipastikan agar dimakan habis hingga tidak ada sisa.

Pemberian pakan yang tidak berlebihan juga sangat efektif untuk menjaga nafsu makan anakan ayam bangkok tetap stabil. Sehingga dengan pemberian pakan yang secukupnya saja, maka tentunya anakan ayam bangkok terlihat lebih lahap makan.

Umumnya para peternak akan memberikan pakan terjadwal. khusus untuk anakan ayam bangkok agar pertumbuhannya cepat dapat diatur jadwal makannya yaitu setiap pagi, siang, dan sore hari, serta waktu atau jamnya harus konsisten, misalnya setiap jam 7 pagi, dilanjutkan lagi jam 1 siang, dan jam 5 sore.

Selain pakan yang cukup dan terjamin kualitasnya, pemberian air minum juga sangat penting. Untuk itu jangan sampai air minum ayam kosong, karena ayam yang kekurangan minum akan terhambat pertumbuhannya.

Vitamin tambahan untuk anakan ayam bangkok

Juga diperlukan tambahan vitamin untuk mempercapat pertumbuhan anakan ayam bangkok. Jenis vitamin yang dapat digunakan antara lain: Vitachick, Neobro, Kaitong, dan lain-lain.

Selain mempercepat pertumbuhan anakan ayam, penggunaan vitamin ini sangat diperlukan guna menjaga kesehatannya. Sedangkan mengenai teknik pemberian vitamin ini dapat di lihat pada kemasan setiap merk produk tersebut.

Umumnya, jenis vitamin seperti vitachick ataupun Neobro dapat diberikan pada anakan ayam bangkok sejak usia 0 hari. Karakter dari jenis vitamin tersebut mudah larut didalam air, sehingga cukup mudah mengaplikasikannya yaitu dengan mencampurkan ke dalam air minumnya.

Berikan air minum gula untuk anakan ayam bangkok yang baru menetas

Salah satu teknik perawatan yang biasa peternak lakukan untuk anakan ayam bangkok yang baru menetas adalah dengan memberikan air minum gula.

Fungsi dari air minm gula ini adalah untuk mensuplai kebutuhan kalori. Seperti kita ketahui bahwa anakan ayam bangok yang baru saja menetas belum dapat mencerna makanan, sehingga sebagai gantinya cukup dengan diberikan air minum gula ini.

Kandang khusus anakan ayam bangkok

Salah satu faktor penyebab anakan ayam bangkok terlambat pertumbuhannya dikarenakan oleh kondisi kandang yang sempit, kotor dan kurang nyaman.

Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan situasi dan kondisi dari kandang anakan ayam bangkok ini. Apalagi jika anda memiliki anakan ayam bangkok dalam jumlah yang lumayan banyak, maka kandang khusus anakan bangkok harus anda persiapkan dengan sebaik-baiknya.

Beberapa hal teknis mengenai kandang anakan ayam bangkok antara lain:

1. Ukuran yang tepat

2. Sirkulasi udara yang baik

3. Penambahan lampu penghangat

4. Kebersihan kandang yang terjaga

5. Lingkungan yang nyaman.

Vaksinasi rutin

Jenis vaksin untuk anakan ayam bangkok

Posting Komentar untuk "Teknik Perawatan Anakan Ayam Bangkok Untuk Mempercepat Pertumbuhannya "