Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Persilangan Untuk Mendapatkan Keturunan Ayam Jalu Renteng Pada Ras Ayam Bangkok

Teknik Persilangan Untuk Mendapatkan Keturunan Ayam Jalu Renteng Pada Ras Ayam Bangkok

Ayam jalu renteng merupakan salah satu jenis ayam yang banyak diburu oleh para botoh. Selain keunikan pada kakinya yaitu jalunya yang bertingkat, jenis ayam bangkok yang memiliki jalu renteng biasanya memiliki teknik bertarung diatas rata-rata.

Pengertian ayam jalu renteng

Ditinjau dari ciri-ciri yang nampak, ayam jalu renteng dapat diartikan sebagai seekor ayam yang memiliki jalu lebih dari satu pada tiap kakinya. Dengan kata lain, jika umumnya ayam hanya memiliki satu jalu di tiap kakinya, pada ayam jalu renteng jumlah jalunya bisa saja dua, tiga atau lebih dan tersusun bertingkat.

Ayam jalu renteng tidak terikat pada salah satu trah ayam, bentuk jalu renteng dapat saja terjadi pada ayam bangkok, ayam birma, pama ataupun trah lainnya. Yang memiliki jalu renteng juga tidak selalu ayam jago, ayam betina juga bisa memiliki jalu, bahkan jenis jalu yang renteng.

Pada dasarnya ayam dengan jalu renteng termasuk sangat langka, tidak setiap peternak ayam memiliki ayam dengan jenis jalu tersebut. Karena kelangkaannya ini, juga mempengaruhi harga jualnya. Apalagi untuk jenis ayam bangkok yang memiliki jalu renteng, biasanya pemiliknya akan mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan ayam bangkok jalu tunggal.

Saya sendiri memiliki beberapa koleksi ayam dengan jalu renteng, ada yang jantan atau jago, ada pula yang betina. Untuk yang jantan merupakan jago bangkok jalu renteng dan merupakan salah satu maskot kandang saja. Sedangkan untuk yang betina jalu renteng merupakan trah ayam birma.

Awal kepemilikan ayam jalu renteng tersebut saya juga membelinya dengan harga yang lumayan menguras kantong, tapi tentunya semua itu sebanding dengan keistimewaan yang dimilikinya.

Cara mendapatkan keturunan jalu renteng berkualitas 

Cara termudah untuk dilakukan ya tinggal beli saja, namun disini saya tidak akan membahas dimana dan bagaimana membelinya. Saya akan bagikan teknik mendapatkan keturunan jalu renteng dari hasil ternak sendiri, atau hasil budidaya.

Seperti yang sudah saya jelaskan, bahwa saya telah memiliki indukan dan pacek jalu renteng. Dari situ juga telah saya lakukan berbagai teknik ujicoba persilangan, hingga akhirnya tercipta ayam jalu renteng dengan kualitas istimewa.

Agar keturunannya banyak menghasilkan ayam jalu renteng

Dari teknik persilangan yang telah saya lakukan pada ayam bangkok koleksi saya, ternyata indukan cetak sangat dominan menghasilkan anakan jalu renteng. Hal tersebut saya buktikan ketika menggunakan pacek ayam bangkok jalu renteng yang saya jodohkan dengan betina cetak jenis bangkok tanpa jalu renteng hasilnya hanya 10% saja gen jalu renteng diturunkan pada anaknya.

Kemudian saya coba penjodohan yang lain, disini saya gunakan pemacek ayam bangkok biasa (jalu tunggal) dengan betinanya merupakan indukan cetak ayam bangkok berjalu renteng. Ternyata hasilnya dari semua anakannya terdapat 25% merupakan jalu renteng. Yang artinya dari 10 telor yang menetas tersebut, ada sekitar 2-3 ekor merupakan jalu renteng.

Selanjutnya saya coba lagi, kali ini keduanya merupakan jalu renteng  untuk pemaceknya saya gunakan jago bangkok jalu renteng, dan betinanya merupakan indukan cetak berjalu renteng juga. Dari hasil persilangan tersebut, ternyata hasilnya semakin banyak menurunkan ayam jalu renteng. Bahkan dari ujicoba ini anaknya bisa hingga 50% nya merupakan ayam berjalu renteng.

Dari ketiga percobaan diatas, dapat disimpulkan bahwa:

1. Ayam betina lebih dominan menurunkan gen nya.

2. Untuk hasil yang efektif sebaiknya gunakan betina jenis cetak 

3. Hasil perjodohan dari pasangan berjalu renteng lebih mampu menghasilkan banyak keturunan berjalu renteng.

4. Agar hasil keturunannya menjadi ayam jalu renteng yang istimewa, maka baik pemacek ataupun indukan yang digunakan harus berjalu renteng dan memiliki kualitas yang istimewa juga.

Posting Komentar untuk "Teknik Persilangan Untuk Mendapatkan Keturunan Ayam Jalu Renteng Pada Ras Ayam Bangkok"