Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Calon Indukan Ayam Bangkok Berkualitas

Tips Memilih Calon Indukan Ayam Bangkok Berkualitas

Penting untuk anda perhatikan dalam memilih calon indukan ayam bangkok tidaklah sembarangan. Terdapat kategori wajib yang harus dimiliki oleh seekor ayam bangkok betina agar layak menjadi indukan.

Tujuan memilih calon indukan ayam

Memilih calon indukan ayam bangkok sama pentingnya dengan memilih paceknya, hal ini bertujuan untuk mendapatkan materi ternak yang berkualitas bagus.

Tujuan lain memilih calon indukan ini juga untuk memastikan kelak anakan yang dihasilkan memiliki potensi istimewa.

Oleh sebab itu, khususnya anda yang saat ini masih bingung ataupun ragu dalam memutuskan calon indukan ayam bangkok, kami akan menjelaskan secara rinci tips memilih calon indukan berkualitas.

Seperti kita ketahui bahwa kualitas dari anakan ayam dipengaruhi oleh gen indukan dan paceknya. Bahkan gen indukan dapat menyumbang hingga 70% lebih banyak kepada keturunannya.

Tips memilih calon indukan ayam bangkok berkualitas

Untuk menjadi peternak ayam bangkok yang sukses, salah satunya adalah memiliki materi ternak yang berkualitas bagus. Materi tenak tersebut terdiri dari pacek dan juga indukan, keduanya harus diperhatikan agar prospek budidaya ayam bangkok anda cerah di masa depan.

Berikut ini merupakan tips ketika memilih indukan ayam bangkok berkualitas:

1. Merupakan ras murni ayam bangkok

Ketika anda memutuskan untuk mengembang biakan jenis ayam bangkok, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih indukan yang memiliki gen bangkok murni.

Ayam betina dari ras bangkok sangat mudah dibedakan dari ras jenis lainnya, umumnya memiliki ukuran yang lebih besar, postur tubuh ideal, dan mental yang bagus. serta memilii warna ataupun jenis bulu yang khas dari ayam bangkok.

2. Merupakan keturunan bibit unggul

Ayam betina bangkok yang akan menjadi calon indukan haruslah merupakan bibit unggul, hal ini karena indukan adalah salah satu kunci keberhasilan anda dalam budidaya peternakan ayam bangkok.

Ciri-ciri ayam betina bangkok yang termasuk bibit unggul adalah mampu bertelur dengan lancar selama masa produktifnya, serta memiliki insting mengeram yang bagus.

Ciri lainnya dengan melihat garis keturunannya, calon indukan berkualitas haruslah terlahir dari keturunan ayam berkualitas juga.

Anda pasti sering mendengar tentang indukan yang suka memakan telurnya sendiri, jenis ayam betina tersebut adalah salah satu contoh indukan yang tidak layak digunakan sebagai materi ternak.

3. Sehat secara fisik

Calon indukan yang berpotensi dan termasuk indukan unggul harus sehat secara fisik. Yang dimaksud sehat secara fisik adalah ayam betina tersebut tidak berjalan pincang, intinya dari sayap, kaki, mata semuanya lengkap.

4. Tidak memiliki riwayat penyakit

Anda juga harus memastikan calon indukan yang akan dijadikan materi ternak tidak memiliki riwayat penyakit selama masa hidupnya.

Riwayat penyakit ini bukan hanya mempengaruhi kesehatan dari indukan tersebut, tetapi akan mempengaruhi anakan atau keturunannya di masa depan.

Meskipun calon indukan tersebut saat ini sudah dinyatakan sembuh dari penyakitnya, misalnya pernah mengalami gizi buruk ataupun telah sembuh dari penyakit menular akibat virus, tetap saja ayam betina tersebut tidak layak untuk digunakan sebagai materi ternak anda.

Dampak nyata dari indukan yang memiliki riwayat penyakit sehingga kurang layak untuk dijadikan materi ternak adalah karena kemampuan bertelurnya yang berkurang, serta keturunannya yang akan memiliki imunitas rendah.

5. Memiliki teknik bertarung yang bagus

Bukan hanya pacek ayam bangkok yang harus diseleksi berdasarkan kemampuan bertarungnya, calon indukan juga harus dipastikan memiliki kemampuan bertarung yang bagus.

Tujuan utamanya adalah agar keturunannya kelak akan memiliki gen petarung handal seperti halnya indukan dan paceknya.

6. Cek postur tubuhnya

Indukan yang berkualitas dapat dilihat dari postur tubuhnya, maka tips memilih calon indukan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan mengecek postur tubuhnya.

Postur tubuh ayam betina yang bagus dijadikan indukan haruslah tulangan besar, rapat, dan memiliki bobot yang ideal. Artinya bobotnya ini tidak termasuk dalam jenis ayam yang kurus ataupun gemuk, 

Umumnya ayam betina yang potensial sebagai indukan memiliki bobot rata-rata antara 1,4 kg-1,7 kg. jika kurang ataupun melebihi bobot standar tersebut akan kurang bagus digunakan sebagai indukan.

Mengenai bentuk dan panjang ideal dari ayam betina bangkok yang bagus digunakan sebagai indukan, biasanya dapat dilihat dari bentuknya yang mirip botol (tidak cupet kalau dalam bahasa jawa).

7. Usia calon indukan minimal 1 tahun

Ayam betina bangkok akan mulai dapat bertelur ketika menginjak umur 7 bulan, pada usia tersebut jangan langsung dijadikan indukan, namun tunggu hingga memasuki usia 1 tahun.

Ketika ayam betina bangkok mulai fase bertelur, pada tahapan ini merupakan waktu yang tepat untuk anda gunakan dalam seleksi calon apakah akan dijadikan indukan atau tidak.

Apabila sejak awal bertelur sudah menunjukan kualitasnya, misalnya kemampuan bertelur yang cukup baik, dan kemampuannya dalam mengeram secara alami juga bagus maka ayam betina tersebut layak dikategorikan sebagai bibit unggul.

Ayam betina yang telah berusia minimal satu tahun sangat tepat dijadikan indukan sebab telah matang dalam segala aspek, termasuk kematangan sel telurnya, serta tentunya telah lulus kualifikasi. 

8. Memiliki katuranggan

Seperti halnya ketika memilih kategori pacek ayam bangkok yang berkualitas, saat menentukan indukannya juga harus memperhitungkan kepemilikan katuranggan.

Bukan hanya pada ayam bangkok jantan, ayam betina juga memiliki katuranggan, anda dapat memilih betina berkaturanggan misalnya jalu renteng, kaki ubed, batu lapak ataupun jenis katuranggan lainnya sebagai calon materi indukan.

Dengan pacek katuranggan, apalagi indukannya juga katuranggan, maka peluang memiliki anakan atau keturunan katuranggan juga sangat besar tentunya.

Alasan lain kami menyarankan untuk mengembangbiakan ayam jenis katuranggan daripada yang tidak adalah karena ayam dengan katuranggan selain di kenal bagus juga karena prospek ternak anda akan lebih cerah kedepannya. 

Seperti kita ketahui, para penghobi ayam bangkok lebih menyukai ayam yang memiliki katuranggan, tentunya hal tersebut adalah pangsa pasar terbaik yang dapat anda raih.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Calon Indukan Ayam Bangkok Berkualitas"