Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Birma Asli: Ciri Dan Spesifikasinya, Terlengkap!

Ayam Birma Asli: Ciri Dan Spesifikasinya, Terlengkap!

Mengetahui Ayam birma asli

Ayam birma asli artinya bahwa ayam tersebut masih original, tidak memiliki hubungan darah dengan jenis ras ayam lainnya. 

Seekor ayam dapat dikatakan sebagai asli ayam birma apabila memenuhi kriteria dan ciri2 ayam birma ori. Jadi jangan mudah tergiur harga murah ataupun karena ada embel-embel asli, anda langsung tertarik membelinya tanpa memastikan spesifikasinya.

Banyak sekali para awam yang tertipu ketika membeli ayam birma, sehingga pada kali ini saya akan mengulas berbagai hal beraitan tentang ciri2 ayam birma, khususnya ini ditujukan kepada anda yang masih awan dalam bidang ayam adu birma.

Untuk mendapatkan ayam birma asli harga bukanlah satu-satunya parameter yang dapat dijadikan patokan. Meskipun seperti pepatah mengatakan ada harga ada kualitas, selain dari sisi harga juga harus memperhatikan ciri-ciri fisik dan karakter dari ayam tersebut.

Apabila anda mengimpor ayam birma langsung dari negara asalnya, bukan berarti ayam yang telah anda dapatkan tersebut asli ayam birma

Pemahaman diatas merupakan kekeliruan yang fatal, dan harus saya luruskan disini. Jadi begini, seekor ayam hasil impor memang akan dapat dikatakan sebagai asli, tepatnya asli impor.

Saya pertegas lagi, bahwasannya yang asli impor tidak selalu murni dan yang murni tidak juga harus impor. Artinya untuk mendapatkan ayam birma asli, yang pertama harus di cek adalah asal-usul atau sejarah dari ayam tersebut.

Mengenai asal-usul dan sejarah peternakan tersebut perlu dicek karena untuk memastikan bagaimana awal mula si peternak mendapatkan ayam birma peliharaannya itu, lalu bagaimana juga teknik perkembangbiakan ayam birma tersebut di kandang.

Bila perlu tanyakan secara langsung kepada pemiliknya apakah ayam yang dia pelihara tersebut khusus ayam birma atau terdapat ayam lainnya, karena takutnya terjadi perkawinan dengan ras ayam lain yang akan merusak kemurnian ayam birma.

Dengan begitu, kita akan dapat menyimpulkan ayam birma asli tersebut dari faktor genetiknya apakah masih F0.F1,F2, atau bahkan sudah melalui persilangan hingga F3.

Ciri ciri ayam birma asli

Oya sebagai tambahan wawasan, ayam birma atau juga disebut ayam burma merupakan salah satu ras ayam aduan yang berasal dari birma, ibukota Myanmar.

Sedangkan untuk mengetahui antara ayam birma original atau murni dengan ayam birma yang sudah di kres kan dengan ayam lain ada beberapa cara. 

Teknik ini sudah diuji dan diakui keakuratannya oleh para botoh, peternak, dan juga penghobi ayam birma.

Antara ayam jantan birma dan ayam betina birma yang masih asli memiliki ciri-ciri khusus yang akan membedakannya dari jenis ras ayam manapun.

Ayam jantan birma asli

Untuk mengetahui ayam jantan birma asli, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Antara lain sebagai berikut:

1. Ciri fisik

Ayam jantan birma asli memiliki beberapa ciri fisik yang dapat dengan mudah untuk dikenali, antara lain dari bentuk kepalanya yang terlihat besar dan segitiga, berbeda dengan jenis ayam ras bangkok.

Selanjutnya mengenai bola matanya, ayam birma asli akan terlihat memiliki mata yang bulat, dengan tatapan yang tajam dan garang.

Bentuk tubuhnya proporsional, standar ayam aduan yang banyak dilagakan di wilayah asia. Dengan jarak ruas kaki atas dan bawahnya seimbang, serta terlihat ramping namun tetap berotot.

Sedangkan bulu ayam jantan birma asli sangat bervariasi, mulai dari hitam, merah, abu-abu, ataupun perpaduan dari warna tersebut.

Untuk bentuk ekornya terlihat lebih pendek jika dibandingkan dengan ayam bangkok. Bentuk bulu ekor ayam birma ori umumnya pendek melengkung seperti bulan sabit, dan tidak begitu lebat.

2. Teknik bertarung

Ayam jantan birma yang asli dikenal memiliki gaya bertarung yang agresif, lincah dan cepat. Ayam birma ini juga termasuk sebagai ayam aduan yang cerdas, dengan teknik bertarung yang bervariasi dan tingkat akurasi pukulan yang mematikan.

Beberapa teknik yang dimiliki oleh ayam birma asli antara lain teknik 'sweater', 'hatch', dan 'kelso', serta teknik 'jungle fowl'. Beragam teknik tersebut merupakan teknik bertarung alami yang diwariskan secara turun-temurun.

Sedangkan mengenai bentuk tubuhnya, memang tidak sebesar ayam bangkok, juga memiliki struktur tulangan yang lebih tipis jika dibandingkan ras ayam bangkok. Namun hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri bagi ayam birma, khususnya dalam setiap gerakannya yang terlihat lincah dan agresif.

Ayam betina birma asli

Ayam betina birma asli memiliki postur tubuh yang tinggi dan ramping, dengan bulu ekor yang lebih pendek jika dibaningkan dengan ayam bangkok. 

Untuk bentuk kepala dan ciri matanya sama dengan yang jantan, yaitu memiliki mata yang terlihat bulat dengan tatapan tajam dan garang.

Sedangkan gaya ataupun teknik bertarungnya sama dengan ayam jantan birma, hal ini karena sudah menjadi ciri khas khusus ayam birma.

Perlu diketahui mengenai teknik bertarung pada ayam betina birma juga penting untuk di cek, khususnya bagi anda yang ingin memelihara ayam birma dengan menjaga kemurnian ras nya.

Umumnya ayam birma betina akan memiliki telur berwarna hijau kebiruan mirip telur bebek. Untuk sekali produksi, ayam birma betina mampu bertelur 12 hingga 15 butir. Jumlah tersebut semakin menurun sejalan dari usia ayam tersebut.

Ayam birma asli harga di pasaran

Untuk mendapatkan ayam birma yang masih asli saat ini sangat mudah, banyak para peternak menjual ayam birma ori peliharaannya. Anda dapat membelinya dengan harga yang beragam, tentunya berdasarkan kualitas dan usianya.

Untuk ayam birma yang masih original umumnya para peternak akan mematok harga yang tinggi, namun semua itu akan terbayarkan dengan keistimewaan yang dimiliki oleh ayam birma ini.

Ayam birma asli harga dipasaran untuk yang masih anakan saja sudah di banderol sekitar 50ribu hingga 500ribu. Harga tersebut tergantung dari jenis kelaminnya, juga faktor keturunannya. Sedangkan untuk yang sudah dewasa akan lebih tinggi lagi harganya, apalagi jika sudah memiliki gelar juara.

Artinya pada umumnya ayam jantan birma harganya akan lebih mahal daripada yang betina. Namun memang ada kemungkinan juga harga ayam birma betina akan lebih tinggi, apalagi jika ayam betina birma tersebut merupakan jenis bibit berkualitas unggul.

Kesimpulan

Adakalanya kita tertipu oleh penampilan seekor ayam, hanya karena melihat teknik dan gaya mainnya yang mirip ayam birma asli, ataupun hanya melihat warna telurnya yang hijau lantas kita menganggapnya sebagai ayam birma ori.

Sebenarnya masih banyak hal yang harus anda pahami, dan tentunya membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tidak sedikit. 

Untuk itu agar dapat membedakan ayam birma asli dan yang tidak, maka saya sarankan anda untuk selalu belajar, jangan malu untuk belajar dari para botoh-botoh yang sudah berpengalaman.

Posting Komentar untuk "Ayam Birma Asli: Ciri Dan Spesifikasinya, Terlengkap!"