Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayam Pama, Jenis Ayam Aduan Modern Yang Sedang Naik Daun

Ayam Pama, ayam pama iq, Jenis Ayam Aduan Modern

Sejarah ayam pama

Ayam pama merupakan salah satu jenis ayam aduan yang populer di Indonesia. Ayam pama sendiri adalah ras ayam aduan yang berasal dari negara thailand.

Ayam pama ini diciptakan sebagai modernisasi dari ras ayam aduan, dimana sebelumnya di pegang oleh ras ayam birma atau burma.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa trendsetter ayam laga dunia selama ini dipengaruhi oleh para pemain besar dari negara thailand.

Memang pada dasarnya para peternak ayam laga asal thailand tersebut telah membuktikan keberhasiannya dalam menciptakan berbagai jenis ayam laga dengan bermacam-macam kelebihan.

Perlu untuk diketahui bahwa ayam pama ini merupakan hasil persilangan antara ayam birma dengan ayam bangkok.

Setelah melalui proses yang panjang, dari perpaduan dua ras ayam tersebut akhirnya terciptalah ayam pama ini. Dengan tipikal bertarung yang unik yaitu mengutamakan kecepatan dan akurasi yang tinggi, menjadikan popularitas ayam pama ini semakin meningkat pesat.

Belakangan ini, memang jenis ayam aduan modern sedang naik daun, tepatnya sejak laga pama messuwan melawan mangon kowsem.

Meskipun di akhir ronde dimenangkan oleh ayam mangon milik mr.kowsem, namun secara keseluruhan ayam pama telah menunjukan kemampuannya yang terbaik dan tetap menjadi ayam laga idola.

jenis ayam pama

Kedudukannya yang sebagai salah satu ayam laga berkelas, membuat para peternak ayam laga berlomba-lomba untuk mengembangkan ayam pama ini. Hingga saat ini telah tercipta berbagai jenis strain ayam pama, salah satu yang paling populer di kalangan para botoh adalah ayam pama ninja.

ayam pama ori, ayam pama ninja iq, ayam pama ninja filano

Ayam pama ninja

Melihat potensi yang dimiliki oleh ayam pama, membuat para peternak bersemangat untuk memelihara ayam aduan modern ini sebagai salah satu maskot kandangnya.

Disisi lain, mereka juga berupaya melakukan pemutakhiran strain ayam pama original tersebut untuk mendapatkan generasi ayam pama terbaru. 

Hasil dari pemutakhiran ini akhirnya terciptalah generasi terbaru dari ayam pama, yang saat ini biasa kita kenal sebagai ayam pama ninja.

Kekeliruan yang sering terjadi mengenai asal usul ayam pama ninja

Ayam pama ninja merupakan generasi pama milik sebuah peternakan di thailand sana, tepatnya farm ayam laga miliknya mr. keaw.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa nama ninja pada ayam pama tersebut bukanlah jenis ayam baru, artinya ninja adalah sebuah nama yang diberikan oleh mr. keaw untuk ayam jenis pama yang dia miliki tersebut.

Jadi sudah jelas sekarang, bahwa ayam pama original yang saat awal pertama diciptakan, salah satu keturunannya dimiliki oleh mr. keaw, selanjutnya oleh beliau dilakukan persilangan ulang dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran tubuh, tulangan, dan bobot, serta variasi bertarungnya.

Dengan kata lain, ayam pama ori ataupun ayam pama ninja tersebut dalam hal teknik bertarungnya relatif masih sama.

Sepertinya memang mr. keaw tidak berniat mengubah gaya bertarung pama original, yang memang sudah dianggapnya sempurna sebagai king of pama.

Selanjutnya dari ayam pama ninja mr. keaw tersebut, kemudian berpindah-pindah tangan, hingga anak keturunannya tersebar di berbagai peternakan seluruh dunia.

Akhirnya keturunan dari ayam pama ninja melalui tangan-tangan profesional dibidang ayam laga, kemudian dilakukan pemutakhiran dan terciptalah generasi ayam pama ninja lainnya.

Beberapa varian ayam pama ninja yang populer antara lain ayam pama ninja iq, ayam pama ninja samurai, dan ayam pama ninja filano. Jenis ayam tersebut selain memiliki ukuran tubuh lebih besar dari ayam pama original, juga memiliki kecerdasan yang lebih sempurna.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan teknik atau gaya bertarung ayam pama ninja iq dan ayam pama ninja filano yang lebih variatif, terlihat lebih matang dan agresif.

perbedaan ayam pama ori dan ayam pama ninja

Perbedaan ayam pama original dengan ayam pama ninja

Perbedaan ayam pama ori dengan ayam pama ninja ini dapat di lihat dari bentuk fisik dan variasi teknik pertarungannya.

Untuk lebih jelasnya mengenai ayam pama original dan ayam pama ninja, anda dapat melihat tabel perbedaan dibawah ini:

Perbedaan ayam pama ori dengan ayam pama ninja
Ciri Khas Ayam pama ori Ayam pama ninja
Varian The king of pama ayam pama ninja iq, ayam pama ninja filano, dll
Ukuran tubuh Terbilang kecil dengan bobot sekitar 2-2,6kg saja bobot dan tulangan lebih besar dari ayam pama ori
Bentuk kepala Kepala bulat, jengger berdiri, mata bulat dengan pandangan tajam Kepala bulat, jengger berdiri, mata bulat dengan pandangan tajam
Bentuk ekor ukuran Pendek, bulu melengkung seperti bulan sabit ukuran Pendek, bulu melengkung seperti bulan sabit
Model kaki Berbentuk bulat, ukuran merit, sisik rapi Berbentuk bulat, ukuran merit, sisik rapi
Warna bulu bulu lebat dominan gelap, seperti hitam dan abu-abu bulu lebat, lebih beragam terlihat cerah, seperti warna jalak, dll
Pertahanan Ukuran tulangan yang tipis membuat tadahnya kurang Memiliki tadah yang lebih bagus
Teknik menyerang Memiliki kecepatan dan akurasi pukulan yang mematikan Memiliki kecepatan dan akurasi pukulan yang mematikan
Variasi gerakan Agresif, sekali patuk dapat melayangkan pukulan berkali-kali, selalu mendominasi, menyerang tepat dititik vital lawan seperti pada bagian kepala dan leher Selain memiliki variasi gerakan yang sama seperti ayam pama ori, juga dikenal lebih cerdik dalam mengecoh lawan, memiliki teknik kuda lari, atret, lonceng, tembak, dll

Kesimpulan

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, ayam pama ninja ini tetap dapat mempertahankan kemampuan khas bawaannya. Yaitu ciri khas ayam pama sebagai ayam laga yang memiliki kecepatan dan akurasi yang mumpuni.

Namun apapun jenis ayamnya entah itu ayam pama ori ataupun ayam pama ninja, semua itu pada dasarnya sama saja. Keduanya memiliki kemiripan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Artinya jenis ataupun ras ayam bukanlah satu-satunya jaminan bahwa ayam tersebut adalah sempurna, masih banyak faktor lain yang menentukan prestasi dari seekor ayam.

Dalam hal ini, pemilik dari ayam tersebut adalah kunci utamanya. Sebaik-baiknya ayam, meskipun berasal dari ras dan keturunan ayam juara, apabila tidak diimbangi dengan pola perawatan yang tepat maka akan sia-sia.

Posting Komentar untuk "Ayam Pama, Jenis Ayam Aduan Modern Yang Sedang Naik Daun"