Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Perbedaan Ayam Pama Dan Ayam Birma, Penjelasan Yang Mencerahkan

Perbedaan ayam pama dan ayam birma

Perbedaan ayam pama dan ayam birma yang selama ini salah kaprah

Dari berbagai informasi yang selama ini beredar di masyarakat khususnya para peternak dan botoh ayam aduan saja, ternyata kisah ayam pama dan ayam birma ini terpecah menjadi dua kubu.

Dimana satu kubu menganggap bahwa ayam pama dan ayam birma adalah jenis ayam yang sama, sedangkan di kubu yang lain mengatakan bahwa antara ayam pama dan ayam birma adalah dua jenis ras ayam yang berbeda.

Pembahasan mengenai perbedaan antara ayam pama dan ayam birma sudah sering kali membuat bingung para awam. Hal tersebut lantaran mereka yang sudah paham tidak memberikan informasi secara detail, namun terlihat seperti memperkeruh suasana.

Saya sendiri kurang tahu mengapa mereka saling beradu asumsi, padahal sejatinya adu argumen akan lebih bermanfaat loh. Tentunya selain menjadi berkah karena berbagi pengetahuan, argumen yang di imbangi dengan data yang autentik juga dapat digunakan sebagai sarana menambah wawasan, khususnya tentang ilmu peternakan ayam.

Seperti yang sudah kita lihat bersama bahwa sekarang ini akhirnya banyak orang salah kaprah dalam mengartikan ayam pama dan ayam birma.

Kalau sudah begini, siapa yang akan kita salahkan? Nasi sudah menjadi bubur. Setidaknya disini saya berusaha akan meluruskan mengenai perbedaan ayam pama dan ayam birma agar kelak dikemudian hari tidak menjadi bahan perdebatan lagi.

Yang pasti saya harap kepada oknum yang tidak bertanggung jawab, agar jangan nantinya kalimat ini dipotong-potong, dan disebarluaskan, karena akibatnya akan menjadi persoalan baru.

Dan bagi teman-teman yang ingin memahami perbedaan antara ayam pama dan ayam birma, simak penjelasan ini. Dimohon baca sampai selesai agar mendapat pencerahan dan tidak salah paham lagi.

Untuk mengetahui apakah ayam birma dan ayam pama tersebut merupakan jenis yang sama atau ternyata jenis yang berbeda, dapat dilihat dari berbagai aspek berikut

Melihat sejarah antara ayam pama dan ayam birma

Kita akan membandingkan dari sejarah dan asal-usul antara ayam birma dan ayam pama untuk mengetahui letak perbedaannya

Yang pertama adalah ayam birma, seperti yang kita ketahui bahwa ayam aduan satu ini berasal dari birma, atau burma yang saat ini lebih dikenal sebagai negara Myanmar.

Ayam birma disebut juga ayam burma. artinya ayam birma dan ayam burma adalah satu nama, satu jenis ayam, dan merupakan ras asli bukan merupakan ayam ras campuran.

Baca juga: Ayam birma asli: ciri dan spesifikasinya, terlengkap

Selanjutnya mengenai sejarah dan asal-usul dari ayam pama. Ayam pama asli berasal dari negara Thailand. Namun ayam pama bukanlah ras murni, artinya ayam ini didapatkan dari hasil persilangan yaitu antara ayam bangkok dan ayam birma.

Dengan kata lain, ayam pama ini masih ada kerabat dengan ayam birma. Tepatnya, ayam birma merupakan leluhur atau nenek moyang dari ayam pama. 

Mengenai bagaimana ayam birma bisa sampai ke thailand, itu urusan mereka para peternak disana. Toh lagi pula keduanya merupakan negara tetangga, mungkin juga orang Thailand mengimpor ayam birma ini dari negara Myanmar.

Namun yang jelas, ayam birma sudah ada lebih dahulu daripada ayam pama. Dengan ini berdasarkan sejarahnya, maka antara ayam pama dan ayam birma dinyatakan terbukti berbeda.

Melihat perkembangan strain antara line ayam pama dan line ayam birma

Setiap jenis ayam aduan selalu memiliki penggemar fanatik, dari para pecinta ayam aduan tersebut pasti akan ada yang memiliki tekad untuk mengembangkan ayam kesayangannya agar lebih mendominasi dalam laga ayam.

Sebuah tahapan dalam perkembangan ayam aduan melalui cross breeding, dimana ayam aduan yang masih original dilakukan pembaharuan.

Begitupun antara ayam pama ori dan ayam birma ori, keduanya telah melewati tahap tersebut, dan dari masing-masing telah memiliki jenis ataupun ras yang lebih spesifik.

Sebagai contoh pada line ayam pama, saat ini telah lahir generasi pama yang disebut sebagai pama ninja. Sedangkan pada line ayam birma kita juga sudah mengenal adanya ayam birma kaisar dan ayam birma gostan.

Dari sini kita sudah melihat sekaligus dapat dibuktikan bahwa ayam pama dan ayam birma adalah berbeda.

Melihat teknik bertarung antara ayam pama dan ayam birma

Selain melihat dari sejarah dan perkembangan strain diantara ayam pama dan ayam birma, kali ini kita akan menggunakan parameter teknik bertarung yang umumnya melekat sebagai ciri khas masing-masing ras.

Ayam pama dikenal memiliki teknik bertarung yang lebih variatif jika dibandingkan dengan ayam birma. Tentunya karena pada dasarnya ayam pama ini diciptakan sebagai langkah dan upaya untuk menumbangkan ayam birma.

Seperti kita ketahui pada masanya dahulu ayam Birma pernah menjadi salah satu ras ayam yang paling ditakuti. Dikenal sebagai ayam aduan dengan speed dan akurasi yang istimewa, namun sepertinya masa keemasannya tersebut harus mendapatkan persaingan ketat dari ayam pama.

Persamaan antara ayam pama dan ayam birma

Jika sejak awal pembahasan kita hanya mengulas perbedaan antara ayam pama dan ayam birma, kali ini sebagai tambahan kita akan membahas mengenai persamaan diantara kedua jenis ras ayam tersebut.

Dimana kita ketahui bahwa antara ayam pama maupun ayam Birma sama-sama merupakan ayam aduan dengan tipikal menyerang. Teknik maupun gaya permainan yang ditampilkan juga memiliki kemiripan.

Selain itu jika melihat dari segi ukuran postur tubuhnya, antara ayam pama maupun ayam birma sangat mirip. Yaitu memiliki ukuran postur tubuh yang terbilang kecil, dengan tulangan yang tipis juga.

Namun memang pada dasarnya ayam pama diciptakan untuk menyamai ayam birma dalam segi ukuran postur tubuh. Tentunya hal ini agar kedua jenis ayam tersebut dapat bertanding di kelas yang sama.

Dengan kesamaan yang dimiliki oleh ayam pama dan ayam birma tersebut, menjadikan laga dari kedua ayam tersebut terlihat imbang, trek, ataupun gandeng dalam segala aspek. Bahkan pada setiap laga yang menampilkan dua ras ayam ini, selalu mencuri perhatian para penghobi ayam laga dunia.

Posting Komentar untuk "Bukti Perbedaan Ayam Pama Dan Ayam Birma, Penjelasan Yang Mencerahkan"