Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memelihara Ikan Yellow Tang Di Aquarium

Cara Memelihara Ikan Yellow Tang Di Aquarium
Memelihara Ikan Yellow Tang Di Aquarium

Ikan yellow tang atau ikan kuning, merupakan jenis ikan hias yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan jenis ini habitat aslinya dari lautan, yaitu di seluruh perairan samudra pasifik.

Ikan yellow tang atau yang dikenal dengan nama latinnya Zebrasoma flavescens ini, memiliki warna dominan kuning terang, dengan warna yang indah ini layak jika yellow tang banyak di gemari oleh para pecinta ikan hias.

Ketika masih berada di lautan ikan kuning ini bisa anda ditemukan di sekitar terumbu karang pada kedalaman 2 hingga 40 meter dari permukaan laut.

Meskipun merupakan jenis ikan laut, namun yellow tang ini tetap bisa kita pelihara di aquarium kok, tentunya jenis aquarium khusus ikan laut.

Persiapan untuk memelihara ikan yellow tang

Jika anda tertarik untuk memiliki ikan yellow tang ini menjadi salah satu koleksi ikan hias di aquarium anda, berikut ini hal yang harus anda persiapkan sebelumnya:

Mempersiapkan aquarium untuk memelihara ikan yellow tang

Di habitat aslinya ikan yellow tang ini merupakan jenis ikan yang hidup berkoloni, juga kadang akan tampil agresif pada jenis ikan lain yang ukurannya lebih kecil. Selain itu ikan yellow tang juga paling senang berenang, sehingga anda membutuhkan aquarium dengan ukuran yang lumayan luas.

Ikan yellow tang ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 5-10 cm, dan ukuran terbesarnya bisa mencapai hingga 20 cm. Ukuran tersebut termasuk lumayan besar bagi jenis ikan hias yang di pelihara di aquarium.

Anda dapat mempersiapkan aquarium dengan panjang minimal 120 cm, tingginya sekitar 50 cm, untuk lebarnya minimum 30 cm, sedangkan ketebalan kaca yang digunakan minimal 8 mm. Dengan ukuran aquarium tersebut anda sudah dapat memelihara 5-10 ekor ikan yellow tang.

Penggunaan aquascape untuk ikan yellow tang

Sebelumnya sudah di jelaskan bahwa ikan hias yellow tang ini berasal dari lautan, sehingga pastikan aquarium anda di isi dengan air laut ya! Agar lebih menarik lagi anda juga dapat menambahkan hiasan-hiasan di dalam aquarium tersebut, sehingga menjadi sebuah aquascape yang indah.

Anda dapat menambahkan tumbuhan laut seperti ganggang dan rumput laut buatan, agar lebih menarik lagi supaya terlihat eksotis seperti di habitat aslinya perlu juga untuk di tambahkan terumbu karang buatan.

Ketika akan menempatkan ikan yellow tang ini ke dalam aquascape, pastikan hiasan-hiasan yang anda berikan tidak terlalu banyak yang akhirnya mengganggu space gerak dari ikan yellow tang tersebut.

Yang terpenting, anda juga harus memastikan volume air di dalam aquascape tersebut. Agar ikan yellow tang dapat berenang bebas, gunakan air laut minimal 200 liter. Takaran air tersebut merupakan kapasitas air yang ideal untuk memelihara 5-10 ekor ikan yellow tang.

habitat asli ikan yellow tang

Aksesoris tambahan untuk aquarium air laut

Setelah persiapan aquarium selesai, anda juga harus menyiapkan beberapa aksesoris tambahan pada aquarium yang akan di tempati oleh ikan yellow tang nantinya.

Beberapa aksesoris tersebut antara lain pompa air atau aerator yang berfungsi untuk membantu sirkulasi air dan udara, selain itu juga perlu anda siapkan alat filter yaitu untuk menyaring kotoran kotoran ikan di dalam aquarium.

Alat-alat lainnya seperti calcium reactor, coil denitrator, dan chiller juga penting keberadaannya. Pada dasarnya ketika memelihara ikan hias air laut memang membutuhkan aksesoris dan peralatan yang lebih kompleks dibandingkan ketika memelihara ikan hias jenis air tawar.

Teknik perawatan untuk menjaga kesehatan ikan yellow tang

Bagi anda yang sudah terbiasa memelihara ikan hias air laut, maka saat memelihara ikan yellow tang ini tentu tidak akan mengalami masalah yang berarti. Karena pada dasarnya penanganannya sama seperti jenis ikan hias air laut lainnya.

Namun bagi yang masih pemula ingin memelihara ikan jenis ini, berikut ini beberapa rekomendasi perawatan yang harus anda lakukan ketika mencoba memelihara ikan yellow tang di aquarium:

Pastikan kondisi air selalu bersih

Agar ikan yellow tang selalu terjaga kesehatannya, wajib bagi anda untuk selalu memastikan air aquarium dalam kondisi yang selalu bersih

Anda dapat melakukan pengurasan air secara berkala sekitar 1 minggu hingga 1 bulan sekali tergantung jumlah habitat ikan dan banyaknya kotoran yang ada di dalam aquarium tersebut.

Jika anda menggunakan aquascape, teknik pengurasannya dapat dilakukan dengan bantuan selang. Tujuannya agar hiasan-hiasan yang ada di dalamnya tidak rusak ketika proses pengurasan air.

Selain itu teknik pengurasan menggunakan selang lebih di anjurkan agar ikan yellow tang tidak merasa terusik yang akhirnya dapat mengakibatkan ikan mengalami stres.

Cek secara rutin kadar ph dan salinity air

Ukuran ph digunakan untuk satuan kadar keasaman air, untuk kadar ph air laut di dalam aquarium yang bagus untuk memelihara ikan adalah ph 8,1-8,4 ph. Sedangkan untuk tingkat salinity atau tingkat keasinan airnya adalah 32-36 ppt.

Anda dapat menggunakan alat ukur khusus untuk mengukur kadar ph dan tingkat salinity air tersebut. Saat ini alat sejenis ph meter dan salinity meter, sudah banyak diberedar di toko ikan hias maupun di toko-toko online.

Pemberian pakan khusus ikan yellow tang

Jika membahas mengenai pakan khusus, tentunya pakan utama yang asli seperti ketika masih berada di perairan lepas adalah pilihan terbaik untuk pakan ikan yellow tang ini.

Seperti kita ketahui pakan utama dari ikan yellow tang ini adalah rumput laut dan jenis alga. Dengan kita memberikan pakan tersebut pada ikan yellow tang yang di pelihara di aquarium, tentunya dapat membantu ikan tersebut tetap merasakan suasana seperti di habitat aslinya.

Selain itu jenis rumput laut dan alga ini memang terbukti mampu untuk menjaga kesehatan ikan yellow tang secara keseluruhan, termasuk akan mengurangi tingkat stres dan memperpanjang umurnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Yellow Tang Di Aquarium"