Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Burung Falk, Parkit Australia Terlengkap Yang Perlu Diketahui

Fakta Burung Falk, Parkit Australia Terlengkap Yang Perlu Diketahui
source:jogja_parrotdiningrat

Fakta burung falk atau parkit australia

Burung falk atau cockatiel, merupakan jenis spesies burung dari keluarga paruh bengkok yang saat ini populer di kalangan pecinta burung paruh bengkok Indonesia.

Sebagai bagian dari jenis burung berparuh bengkok, burung falk ini juga memiliki karakter dan kemampuan yang sama seperti halnya jenis paruh bengkok lainnya.

Jika anda ingin mengenal lebih dekat mengenai burung falk ini, berikut kami telah rangkum berbagai fakta mengenai burung paruh bengkok yang cantik dan menarik ini:

Burung falk memiliki jambul di kepalanya

Jambul dari falk ini merupakan susunan bulu yang ukurannya lebih panjang dari bulu disekitarnya, bulu tersebut berada tepat di bagian kepalanya dan dapat berdiri layaknya seperti jambul.

Keberadaan jambul ini juga membuat burung falk sering disebut sebagai burung kakak tua mini. memang bentuk jambulnya sangat mirip seperti yang ada pada burung kakak tua.

Dari jambul ini dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi kondisi dan suasana hati dari burung falk tersebut. Misalnya jika sedang tidak nyaman atau merasa terganggu biasanya jambulnya akan berdiri tegak.

Sedangkan ketika merasa nyaman dan ingin di manja, burung falk akan menurunkan jambulnya ke belakang.

komunitas falk dan paruh bengkok yogyakarta
source:jogja_parrotdiningrat

Burung falk merupakan jenis burung paruh bengkok 

Yaitu jenis paruh yang melengkung, dalam bahasa latinnya burung paruh bengkok disebut eclectus. Paruhnya yang melengkung ini sangat kuat dan memiliki ujung yang runcing.

Paruh yang kuat tersebut, biasanya digunakan untuk memecah ataupun mengupas makanannya. Selain itu juga digunakan untuk alat bantu saat bergelantungan dan memanjat.

Fungsi lain dari paruh ini adalah sebagai alat pertahanannya, untuk itu hati-hati jangan membuat burung falk marah atau anda akan dipatuk hingga berdarah.

Burung falk memiliki tompel

Ciri khas lain dari burung falk ini adalah memiliki tompel di pipi. Tompel ini berbentuk lingkaran terletak dipipi kanan dan kirinya. Meskipun ada juga jenis burung falk yang tanpa memiliki tompel yaitu untuk jenis white face.

Warna tompel falk adalah merah kekuningan, pada burung falk jantan tompel ini akan terlihat lebih cerah. Sedangkan untuk yang betina warnanya akan terlihat memudar.

Dengan adanya tompel tersebut juga membuat burung falk ini mendapat sebutan sebagai burung badut, tentu saja karena tompelnya itu memang kalau diperhatikan menyerupai dandanan badut.

Burung falk pemakan biji-bijian

Dari bentuk paruhnya yang bengkok, sudah dapat diketahui bahwa burung falk ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian. Makanan pokok burung falk ini antara lain milet, canary seed, haver seed, dan kuaci.

Burung falk ini tidak memakan secara utuh biji-bijian, namun dengan menggunakan paruhnya tersebut akan mengupasnya lalu memakan bagian isinya saja.

Selain memakan biji-bijian, burung falk juga menyukai sayuran. Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sangat disukai oleh burung falk. Sedangkan untuk buah, anda bisa menambahkan jagung muda sebagai extra fooding harian burung falk.

Burung falk merupakan hewan monomorfik

Hewan monomorfik sendiri merupakan jenis hewan yang sulit untuk diketahui jenis kelaminnya melalui ciri-ciri anatomi dan morfologinya. 

Pada burung falk ini termasuk monomorfik tentunya selain karena jenis kelaminnya yang memang tidak kelihatan, juga sulit untuk membedakan antara betina dan jantan melalui warna bulunya.

Artinya burung falk ini tidak dapat serta merta langsung di tebak jenis kelaminnya hanya dengan melihat struktur tubuh, dan warna bulunya.

Namun sebenarnya kita masih dapat menebak jenis kelaminnya meskipun tidak 99% akurat tentunya. Misalnya seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa burung falk jantan identik memiliki warna tompel yang lebih cerah.

Selain itu untuk menebaknya dapat dilihat dari warna bulunya, yang mana burung falk jantan identik berwarna abu-abu serta warna bulu yang tegas di sekitar bulu sayap dan ekornya. Sedangkan pada betina akan terlihat memiliki pola yang beragam.

Untuk lebih jelasnya kami akan bahas di artikel lainnya mengenai cara membedakan falk jantan dan betina ini. Namun intinya jika ingin mengetahui secara pasti dan 99% akurat jenis kelamin dari burung falk ini, anda harus melakukan test DNA menggunakan sampel darah.

Burung falk disebut sebagai burung parkit australia

Cockatiel ini merupakan nama yang biasa orang luar negeri gunakan untuk menyebut burung falk ini. Sedangkan di Indonesia sendiri, burung falk juga di kenal dengan sebutan burung parkit australia.

Penamaan parkit australia ini tidak lepas dari sejarah asal burung ini berada yaitu dari negara australia. Ketika di habitat aslinya yaitu di negara asalnya, burung falk ini bisa anda temukan hidup liar di seluruh bagian negara australia.

Di Australia sendiri burung falk di kenal sebagai burung hama, karena sering merusak tanaman pertanian. Mirip halnya burung emprit jika di indonesia yang sering memakan tanaman padi di sawah.

Soal mengenai mengapa disebut sebagai burung parkit, karena memang burung falk ini masih dalam keluarga spesies parkit. Hanya saja parkit australia ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis parkit umumnya.

Burung falk termasuk burung yang pintar

Sebenarnya jika burung falk di kategorikan sebagai burung pintar memang sudah hal yang wajar, sebab memang pada dasarnya semua burung berparuh bengkok umumnya memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Kepintaran dari burung falk ini dapat dilihat dari berbagai kemampuan yang dimilikinya, termasuk juga cepat tanggap ketika di latih oleh pemiliknya.

Burung falk dapat dilatih untuk memasukan bola ke keranjang, mengayuh sepeda, memasukan koin ke kotak, serta beberapa atraksi unik lainnya.

Burung falk dikenal sebagai burung pintar yang sangat solider dan setia terhadap pemiliknya, burung jenis ini juga memiliki daya ingat yang bagus. Hal ini yang menjadikan burung parkit australia sering dilatih sebagai burung free fly.

Burung falk ini sangat pintar bersiul serta mampu untuk menirukan suara burung lain, bahkan tak hanya suara burung, beberapa kosa kata manusia dan suara dari beberapa jenis hewan juga dapat ditirukannya.

Burung falk adalah burung jinak yang selalu ingin di perhatikan

Namun di balik kecerdasannya tersebut burung falk termasuk jenis burung yang manja, ingin di sayang, dan caper, oleh karena itu jika anda berniat memilikinya maka harus siap meluangkan waktu untuk bermain dengannya.

Melepasnya dari sangkar tidaklah masalah, bahkan sebaliknya dapat membuat burung menjadi tidak mudah stres. Anda dapat mengajaknya bermain di luar ruangan, namun jika masih ragu dan takut burungnya kabur anda dapat mencobanya di dalam ruangan saja.

Menyuapi ketika makan adalah hal wajib agar burung merasa di perhatikan, meskipun burung falk sudah dewasa biasakan tetap rutin memberikannya bubur dengan cara di spet.

Anda dapat menyapinya menggunakan alat spet berupa suntikan yang ujungnya di beri karet pentil. Dengan rutin di spet, burung falk akan tetap jinak meskipun sudah dewasa.

Melatih Burung Falk Atau Parkit Australia
source:jogja_parrotdiningrat

Burung falk memiliki mutasi warna beragam

Burung cockatiel ini di kenal memiliki jenis mutasi warna bulu yang beragam, warna cantik dari burung falk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kalangan pecinta burung khususnya mereka pecinta burung hias.

Perkembangan trend pada komunitas burung secara umum saat ini lebih beragam, mulai dari trend jenis burung, trend kicau, dan juga trend mutasi warna bulu.

Untuk burung falk ini lebih dominan masuk ke dalam jenis burung hias, dengan peminatnya yang rata-rata sangat fanatik dengan warna bulu.

Dari berbagai jenis mutasi warna pada burung falk ini, sebenarnya hanya merupakan kombinasi atau perpaduan dari 5 jenis warna dasar berikut ini, yaitu warna Grey, Pied, Lutino, Cinnamon, dan warna Pearl.

Dari kelima jenis warna utama tadi melalui teknik persilangan akhirnya didapatkan warna kombinasi yang cantik seperti misalnya burung falk grey-pied yaitu perpaduan warna grey dan warna pied.

Sedangkan warna favorit yang saat ini sedang naik daun adalah jenis white face. yaitu jenis burung falk tanpa memiliki tompel di pipi.

Posting Komentar untuk "Fakta Burung Falk, Parkit Australia Terlengkap Yang Perlu Diketahui"