Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pakan Ayam Terbaik Untuk Anakan Ayam Bangkok Jantan

Jenis Pakan Ayam Terbaik Untuk Anakan Ayam Bangkok Jantan

Spesifikasi pakan ayam bangkok

Jenis pakan ayam yang baik untuk anakan ayam bangkok jantan memiliki beberapa syarat dan spesifikasi. Kompleksitas dari kandungan yang terdapat di dalam pakan tersebut akan menentukan seberapa besar kualitasnya.

Seperti kita ketahui, pakan ayam yang bagus secara kualitas adalah jenis pakan yang mampu memenuhi semua kebutuhan tubuh ayam tersebut, hal ini menyangkut gizi, protein, vitamin dan mineralnya.

Kandungan gizi, protein, dan jenis kandungan lainnya tersebut harus seimbang, dan harus sesuai dengan usia dari ayam bangkok tersebut.

Artinya, kekurangan gizi akan berdampak buruk bagi pertumbuhan ayam bangkok, namun bukan berarti jika memberikan gizi yang berlebih akan bagus untuk ayam bangkok.

Tujuan utama kita menentukan jenis pakan terbaik bagi anakan ayam bangkok adalah mendongkrak tumbuh kembangnya agar lebih optimal.

Pakan khusus anakan ayam bangkok jantan

Pakan yang direkomendasikan dan cocok untuk anakan ayam bangkok jantan harus memiliki tingkat efektifitas dalam mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Jika usia ayam bangkok masih DOC atau anakan, maka kita harus melakukan sortir dengan teliti, proses ini untuk memisahkan antara anakan ayam bangkok jantan dan anakan ayam bangkok betina. 

Berikut kandungan gizi yang harus ada didalam pakan anakan ayam bangkok antara lain:

1. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan protein

Jumlah protein tersebut sudah dinilai seimbang dan sesuai dengan tingkat kebutuhan anakan ayam bangkok. Pakan anakan ayam bangkok akan disebut berkualitas setidaknya memiliki kandungan protein kasar antara 19%-23%. 

Sebagai tambahan informasi, bahwa kebutuhan protein anakan ayam bangkok akan lebih tinggi dan selanjutnya semakin menurun sejalan dengan usia ayam tersebut.

2. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan lemak

Lemak juga sangat dibutuhkan untuk mencapai tumbuh kembang anakan ayam bangkok yang optimal. Namun, kandungan lemak yang di rekomendasikan hanya sekitar minimal 3% dan maksimumnya sekitar 4% saja.

Anakan ayam bangkok memang hanya membutuhkan lemak dalam kandungan yang kecil, tentunya hal ini berkaitan agar ayam tidak mengalami obesitas.

3. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan serat

Serat ini dibutuhkan anakan ayam bangkok agar memiliki pertumbuhan yang pesat. Namun perlu diperhatikan bahwa kandungan serat pada pakannya tidak boleh melebihi batas yang ditentukan.

Anakan ayam bangkok yang mengkonsumsi serat berlebih menjadikan cepat kenyang, padahal untuk meningkatkan tumbuh bengkam yang optimal, ayam harus banyak makan. Beberapa masalah kesehatan juga dapat terjadi jika anakan ayam bangkok diberi serat berlebih.

4. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan abu

Kandungan abu didalam pakan anakan ayam bangkok ini berkaitan dengan jumlah mineral yang terkandung pada pakan tersebut.

Artinya semakin tinggi kadar abu yang terdapat pada pakan ayam, maka akan semakin tinggi pula jumlah mineral yang terdapat didalam pakan tersebut.

Namun meskipun abu dan mineral memiliki manfaat yang bagus bagi anakan ayam bangkok, ternyata kebutuhannya hanya sekitar 7% saja.

5. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan kalsium

Peranan kalsium pada anakan ayam bangkok adalah mempengaruhi kepadatan tulangnya. Anakan ayam bangkok yang memiliki cukup kalsium di dalam tubuhnya akan terlihat dari ukuran tulangnya yang kuat dan sehat.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh seekor anakan ayam bangkok untuk usia DOC adalah sekitar 1% dari berat tubuhnya.

6. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan phospor

Phospor juga harus terdapat pada jenis pakan untuk anakan ayam bangkok. Hal ini sama pentingnya dengan kalsium, yaitu berfungsi untuk proses pembentukan tulang.

Kandungan phospor yang dibutuhkan anakan ayam bangkok adalah sekitar 1% juga, sama seperti kandungan dari kalsiumnya.

7. Pakan untuk anakan ayam bangkok harus memiliki kandungan vitamin

Jenis pakan yang baik haruslah memiliki gizi yang lengkap, termasuk juga didalamnya harus terdapat kandungan vitamin tambahan.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh anakan ayam bangkok antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, Vitamin K, dan lain sebagainya.

Anakan ayam bangkok jantan memang memerlukan perhatian khusus, karena akan menentukan masa depannya sebagai seekor ayam aduan. Untuk itu penting bagi kita memilih jenis pakan terbaik bagi ayam bangkok jantan tersebut.

Spesifikasi pakan terbaik selalu identik dengan kualitasnya, namun sayangnya hal tersebut juga berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

Istilah mendapatkan ayam bangkok berkualitas tanpa modal sepertinya hanya sebuah mimpi. Pasalnya untuk mencetak ayam bangkok juara membutuhkan jenis pakan yang terbaik dan tentunya dengan harga yang mahal.

jenis pakan ayam terbaik untuk anakan ayam bangkok

Cara memberi pakan pada anakan ayam bangkok

Mengenai cara dan aturan dalam memberi pakan anakan ayam bangkok jantan yang tepat adalah dengan memberlakukan sistem drop and nonstop. 

Sistem ini artinya setiap pakan ditempatnya habis langsung diisi lagi, namun dengan jumlah sedikit atau secukupnya saja. Begitu seterusnya sehingga dalam sehari ayam akan mendapatkan jatah makan sesering mungkin. Juga, jangan lupa selalu pastikan air minumnya terisi.

Disini kita tidak membahas mengenai nilai ekonomis sebuah produk pakan ayam bangkok, tetapi kita akan lebih menekankan tentang seberapa efektif jenis pakan tersebut untuk pertumbuhan anakan ayam bangkok jantan.

Artinya jika ingin mendapatkan yang terbaik, kesampingkan dahulu mengenai hitungan untung dan rugi dalam beternak ayam bangkok.

Posting Komentar untuk "Jenis Pakan Ayam Terbaik Untuk Anakan Ayam Bangkok Jantan"