Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ayam Bangkok Klasik, Ciri Fisik Dan Teknik Bertarungnya

Mengenal Ayam Bangkok Klasik, Ciri Fisik Dan Teknik Bertarungnya
Ayam Bangkok Klasik, Ciri Fisik Dan Teknik Bertarungnya

Ayam bangkok klasik merupakan sebutan untuk jenis ayam bangkok yang masih original, atau biasa di sebut F1. Ayam bangkok akan dikategorikan sebagai ayam bangkok klasik jika belum terdapat persilangan dengan jenis ayam yang lainnya. 

Sejarah ayam bangkok klasik

Mengenai jenis dari ayam bangkok, sebenarnya kata bangkok merujuk pada sebuah kota tepatnya ibukota Thailand. Jadi ayam bangkok adalah jenis ayam yang berasal dari negara Thailand sana.

Selanjutnya mengenai kata klasik ini lebih ditujukan pada penyebutan untuk suatu hal yang sudah lampau, masa lalu yang tetap dipertahankan keasliannya.

Dengan kata lain, ayam bangkok klasik lebih condong mengarah untuk menyebut jenis atau strain ayam bangkok yang sudah lampau atau kuno dan tetap dijaga originalitasnya.

Meskipun termasuk jenis ayam aduan yang kuno, namun ayam bangkok klasik masih tetap eksis dan mampu bersanding dengan strain ayam aduan modern.

Ciri fisik dan teknik bertarung ayam bangkok klasik

Sejarah peradaban ayam, khususnya jenis ayam aduan hingga saat ini mengalami perkembangan yang signifikan, berbagai strain ayam aduan baru diciptakan dengan keunggulan serta kelebihan yang dapat dikatakan untuk memupus sepak terjang pendahulunya.

Namun begitu, berbeda dengan jenis ayam bangkok klasik ini yang terus dipertahankan tanpa dilakukan pembaharuan strain, ataupun dilakukan persilangan dengan jenis ayam lain.

Menurut para pecinta ayam bangkok klasik, selain berupaya demi menjaga kemurniannya juga berpendapat bahwa meskipun klasik, namun tidak ketinggalan jaman.

Masih menurut mereka, ayam bangkok klasik adalah ayam aduan dengan ciri fisik dan teknik bertarung yang sempurna.

Memang pada kenyataannya, ayam bangkok klasik masih mendapat tempat di hati para botoh. Bahkan dalam berbagai laga, ayam bangkok klasik ini masih terlihat sering mendapatkan gelar juara.

Ciri fisik ayam bangkok klasik

Jika dilihat dari ciri-ciri fisiknya, ayam bangkok klasik memang dikenal luwes dan terlihat memiliki wibawa tinggi layaknya petarung handal.

Berikut ciri-ciri fisik dari ayam bangkok klasik secara umum:

Bentuk kepala ayam bangkok klasik
Bentuk kepala

Ciri ayam bangkok klasik dapat ketahui dari bentuk kepalanya yang mirip buah pinang. Dengan model kepala buah pinang ini, menjadikan area kepalanya lebih kuat dan tahan pukul.

Bentuk paruh

Selanjutnya ayam bangkok klasik juga dapat dilihat melalui bentuk paruhnya, yang mana umumnya akan memiliki ukuran paruh yang panjang dan tebal. Dengan ukuran ini, menjadikan ayam bangkok klasik dapat mematuk dengan keras dan erat.

Bentuk leher

Bentuk leher dari ayam bangkok klasik sangat khas, yaitu ukurannya yang lurus panjang namun tetap proporsional. Bentuk tulangan ayam bangkok klasik juga lebih tebal dan rapat, sehingga menjadikan lehernya lebih tahan pukul.

Bentuk dada

Mengenai bentuk dada, ayam bangkok klasik dikenal memiliki bentuk dada yang bidang layaknya atlet. Dengan bentuk dada tersebut juga mempengaruhi ketahanannya pada pukulan lawan atau dalam bahasa botoh memiliki tadah yang kuat.

Bentuk bahu

Ayam bangkok klasik yang original akan memiliki bahu yang kuncup. Dimana model bahu ini akan menyulitkan untuk disusupi kepala lawan. Bentuk bahu yang kuncup ini juga karena efek dari tulang sayapnya yang kaku dan tebal.

Bentuk sayap

Sayap pada ayam bangkok jenis ini dikenal panjang dan susunannya rapat. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, desain sayap pada ayam bangkok klasik berhubungan erat dalam teknik pertarungannya.

Bentuk badan

Secara keseluruhan, bentuk badan dari ayam bangkok klasik akan terlihat panjang, tegap, dan kokoh. Model bentuk badan panjangnya sekaligus untuk menopang ukuran bentuk bagian tubuh lainnya, sehingga akan tetap terlihat proporsional.

Bentuk pangkal ekor dan bulu ekornya

Antara pangkal ekor dan bulu ekor merupakan satu kesatuan. Pangkal ekor berfungsi sebagai tempat tumbuhnya bulu ekor, sekaligus mempengaruhi bentuk dari bulu ekornya yang tumbuh.

Pada ayam bangkok klasik, dikenal memiliki pangkal ekor yang besar. Dengan ukuran tersebut juga menjadikan bulu ekor pada ayam bangkok klasik dapat tumbuh lebih tebal, kuat, dan panjang menjuntai hingga ke tanah.

Bentuk paha

Ayam bangkok klasik memiliki bentuk paha yang atletis, yaitu bulat dan pipih dengan otot pahanya yang terlihat kokoh.

Bentuk lutut

Lutut dari ayam bangkok klasik lebih terlihat menetuk. dengan bentuk seperti ini membuatnya memiliki kuda-kuda yang kokoh, tidak mudah goyah dan tentunya menjadikan pukulannya akan lebih kuat.

Bentuk jari kaki dan sisik

Jari-jari yang terdapat pada ayam bangkok klasik terlihat panjang, dengan ukuran tersebut membuatnya mampu mencengkeram tanah lebih kuat, mampu berdiri seimbang, dan begerak lebih mantab.

Sedangkan mengenai sisik kakinya, akan terlihat kering dengan guratan sisik yang tajam. Bentuk kakinya juga terlihat bulat sebagai ciri khas utama ayam aduan dan ukurannya seimbang dengan ukuran pada pahanya. 

Ciri fisik ayam bangkok klasik
Teknik bertarung ayam bangkok klasik

Ayam bangkok klasik dikenal dengan ciri khasnya sebagai ayam petarung sejati, yang berani jual beli pukulan. Tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor fisiknya yang di desain untuk tahan pukul, sehingga akan terlihat seperti ajang kuat-kuatan tadah.

Disisi lain ayam bangkok klasik juga memiliki seni pertarungan yang khas, seperti kontrol, ngalung, nyayap, dan dorong.

Teknik tarung ayam bangkok klasik lebih mengutamakan akurasi, meskipun terlihat lambat namun dengan kontrol permainan yang sempurna menjadikannya lebih kuat bertahan dalam durasi pertarungan panjang.

Ayam bangkok klasik memang lebih unggul saat harus bertarung dalam durasi panjang, hal tersebut karena setiap gerakannya yang selalu efektif sehingga tidak menguras tenaga serta tentunya karena didukung oleh bentuk fisiknya yang tahan pukul tersebut.

Namun dibalik semua itu, teknik pertarungan yang sempurna juga harus di topang dengan jenis perawatan harian yang terbaik.

Perawatan harian juga sangat besar kaitannya dalam menentukan ayam bangkok klasik layak menyandang gelar ayam bangkok juara.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ayam Bangkok Klasik, Ciri Fisik Dan Teknik Bertarungnya"