Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Warna Ayam Bangkok Hitam Wiring Galih dan Jragem

Perbedaan Warna Ayam Bangkok Hitam Wiring Galih dan Jragem
Warna ayam bangkok hitam

Pada dasarnya warna ayam bangkok hitam terbagi menjadi dua, yaitu warna hitam wiring galih dan warna hitam jragem. Sedangkan pada warna ayam bangkok abu-abu, meskipun memiliki corak warna hitam tetap tidak bisa di masukan dalam kategori ayam bangkok warna hitam.

Adapun pengklasifikasian warna ayam bangkok tersebut di nilai dari warna dasar bulunya, yaitu warna utama yang sebagian besar menutupi ayam bangkok tersebut.

Mengenai ayam bangkok warna hitam ini tidak selalu merujuk pada ayam jantan, artinya pada ayam bangkok betina juga ada yang memiliki jenis warna hitam.

Bahkan sebenarnya jika kita amati dengan seksama, anakan ayam bangkok ketika baru saja menetas sudah dapat untuk di ketahui warna bulunya kelak setelah dewasa. Artinya warna dasar bulu ayam bangkok saat masih kecil dapat di gunakan sebagai acuan untuk menentukan warna bulu dewasa.

Namun pada pembahasan kali ini kita akan fokus untuk mengulas warna ayam bangkok jantan saja. Hal ini agar lebih spesifik dan lebih memberikan manfaat bagi anda.

Warna ayam bangkok hitam wiring galih

warna dasar dari ayam bangkok wiring galih ini adalah hitam, yang mana sebagian besar tubuh ayam bangkok tersebut tumbuh bulu dominan warna hitam.

Ayam bangkok warna hitam wiring galih

Ayam bangkok wiring galih ini merupakan salah satu dari jenis warna ayam bangkok favorit, menurut para botoh ayam bangkok, warna wiring galih ini dikenal sering kali memenangkan kontes laga ayam secara beruntun atau kemenangan berturut-turut.

Artinya warna ayam ini memiliki keistimewaan tersendiri, selain karena termasuk sebagai warna katuranggan, ayam bangkok dengan warna wiring galih juga dikategorikan sebagai ayam bangkok juara.

Ciri-ciri ayam bangkok hitam wiring galih

Beberapa ciri-ciri khusus yang menunjukan bahwa seekor ayam bangkok dapat dikategorikan sebagai wiring galih adalah sebagai berikut:

1. Bulu ayam bangkok memiliki dominan warna hitam

2. Warna bulu rawis di bagian leher kuning kemerahan (merah jambu)

3. Warna bulu rawis di bagian punggung kuning kemerahan

4. Memiliki jalu atau taji berwarna hitam

5. Memiliki paruh dan mata yang berwarna hitam

6. Memiliki kuku-kuku kaki berwarna hitam

Apabila semua ciri-ciri warna tersebut dimiliki secara sempurna, maka seekor ayam bangkok tersebut masuk dalam kategori ayam bangkok hitam wiring galih tembus.

Warna ayam bangkok hitam jragem

Seperti halnya pada ayam bangkok wiring galih, pada ayam bangkok hitam jragem juga memiliki warna dasar dominan hitam.

Berbeda dengan jenis ayam bangkok lainnya, yang mayoritas memiliki variasi warna lain, seperti warna yang berbeda pada bagian rawis dan sayapnya. Pada ayam bangkok warna hitam jragem, semua bagian bulunya berwarna hitam ataupun kehitaman.

Artinya mekipun warna rawisnya terdapat warna lain, misalnya terdapat warna abu-abu atau kuning asalkan masih lebih dominan dengan warna hitam maka ayam bangkok tersebut tetap dikategorikan sebagai ayam bangkok hitam jragem.

warna Ayam bangkok hitam jragem

Ciri-ciri ayam bangkok warna hitam jragem

Untuk lebih spesifik lagi, berikut ini ciri-ciri wajib yang harus dimiliki oleh seekor ayam bangkok agar dapat dikategorikan sebagai ayam bangkok hitam jragem:

1. Ayam bangkok dengan warna bulu dasarnya hitam

2. Warna bulu rawis di bagian leher adalah hitam atau kehitaman (perpaduan warna hitam dengan warna lainnya)

3. Warna bulu rawis di bagian punggung juga hitam atau kehitaman.

4. Pada jalu atau tajinya berwarna hitam

5. Memiliki paruh dan mata yang berwarna hitam juga

6. Memiliki kuku-kuku kaki berwarna hitam

Apabila antara mata, taji, paruh, dan kukunya semua serba hitam maka seekor ayam bangkok tersebut dikategorikan sebagai jenis ayam bangkok warna hitam jragem tembus.

Kesimpulan

Perbedaan antara warna ayam bangkok hitam wiring galih dengan warna hitam jragem lebih ditekankan pada warna bulu, mata, taji, dan kukunya.

Warna rawis pada kedua jenis ayam ini dapat digunakan sebagai acuan sekaligus syarat utama ketika mengkategorikan jenis ules atau warna ayam bangkok.

Warna kulit pada tubuh ayam termasuk juga warna jenggernya tidak masuk dalam syarat. Artinya ayam bangkok tersebut tetap harus memiliki warna kulit tubuh yang sama seperti umumnya jenis ayam bangkok.

Hal tersebut karena apabila warna kulit dan jenggernya juga berwarna hitam, maka ayam tersebut sudah merupakan jenis ayam cemani, yaitu jenis ayam hias dengan warna hitam secara keseluruhan termasuk lidah, jengger, kulit dan juga darahnya.



Posting Komentar untuk "Perbedaan Warna Ayam Bangkok Hitam Wiring Galih dan Jragem"