Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Telur Hijau Pada Ayam Birma, Begini Penjelasannya!

Warna Telur Hijau Pada Ayam Birma, Begini Penjelasannya!
Warna Telur Hijau Pada Ayam Birma

Ayam bertelur hijau identik dengan indukan ayam birma masih original, sebenarnya jenis ayam lain juga memiliki potensi warna telurnya hijau.

Memang betul adanya selama ini ayam birma yang sering ditemukan bertelur hijau, namun bukan berarti ayam birma yang tidak bertelur hijau lantas dapat di anggap sebagai birma palsu.

Penyebab telur hijau pada ayam birma

Pada hakekatnya, telur hijau merupakan warna telur dari bebek. Namun dibeberapa kasus, telur hijau ini juga terjadi pada ayam. Dalam hal ini jenis ayam birma yang sering bertelur hijau.

Tidak seperti umumnya telur ayam yang akan berwarna kuning kecoklatan dan putih, warna telur ayam birma berwarna hijau kebiruan. Kami tekankan sekali lagi ini bukan suatu kategori yang dapat digunakan sebagai acuan bahwa ayam birma ori atau asli selalu berwarna hijau telurnya.

Sebenarnya warna telur hijau kebiruan ataupun warna telur biru kehijauan apapun anda menyebutnya, merupakan reaksi dari faktor mutasi genetik.

Mutasi genetik sendiri merupakan suatu perubahan DNA, kromosom atau gen yang terjadi pada sebuah individu bisa berupa manusia, hewan, maupun tumbuhan. Yang dalam kasus ini, adalah mutasi genetik pada indukan ayam birma.

Perbedaan telur ayam biasa dan telur hijau ayam birma

Mutan dan mutagen

Dalam kasus warna telur hijau pada ayam birma, untuk lebih memudahkan dalam penjelasannya saya akan bagi menjadi dua hal yaitu mutan dan mutagen.

Mutan dalam hal ini adalah subjek yang mengalami perubahan genetik, yaitu indukan ayam birma yang bertelur hijau tersebut. Sedangkan mutagen, merupakan unsur atau faktor penyebab dari perubahan genetik.

Mutagen dapat terjadi melalui beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan dalam hal perubahan warna telur yang terjadi pada ayam birma dapat dimungkinkan oleh karena kedua faktor tersebut.

Mutasi genetik dapat diturunkan

Pada kasus ayam birma, mutasi genetik berupa cangkang telur berwarna hijau dapat menurun ke anakannya. Artinya jika indukan ayam birma memiliki telur berwarna hijau maka kemungkinan besar anak-anaknya akan bertelur hijau juga.

Namun tidak semua anakan ayam birna telur hijau pasti akan bertelur hijau, yang pasti perubahan genetik ini tidak serta merta selalu diturunkan.

Ayam jantan atau pacek yang berasal dari keturunan indukan birma bertelur hijau tidak dapat menurunkan ataupun menghasilkan pembuahan telur hijau.

Warna telur yang hijau adalah faktor mutasi genetik yang hanya terjadi pada tubuh indukan ayam tersebut, tidak berkaitan karena akibat proses perkawinan dengan pejantannya.

Tidak pernah ditemukan indukan ayam yang awalnya memiliki telur putih, kemudian setelah kawin dengan pacek keturunan dari indukan telur hijau lantas mengubah warna telurnya menjadi hijau.

Apakah mutasi genetik merupakan penyakit?

Tidak semua mutasi genetik ataupun perubahan kromosom berakibat menimbulkan penyakit, seperti halnya yang dialami oleh ayam betina birma yang mana hanya mengalami perubahan telur menjadi hijau.

Ayam birma ataupun indukan birma yang mengalami mutasi genetik memiliki tingkat kesehatan yang sama dengan jenis ayam pada umumnya.

Ayam birma bertelur hijau tidak berpengaruh akan mengakibatkan sering sakit-sakitan ataupun juga lebih kebal terhadap penyakit. Artinya, mereka tetap sama seperti jenis ayam lainnya, dapat terserang penyakit juga.

Mutasi genetik pada indukan ayam birma juga tidak mempengaruhi kebiasaannya sehari-hari, artinya ayam tersebut tetap makan dengan kapasitas dan jenis makanan yang sama seperti jenis ayam lain pada umumnya.

Telur ayam birma berwarna hijau kebiruan
Ayam birma bertelur hijau juga tidak memiliki aktivitas yang aneh, mereka tetap akan makan dengan cara mematuk pakan, dan membutuhkan minum layaknya ayam yang lainnya.

Seekor ayam jantan yang menetas dari telur hijau juga akan berkokok sama seperti ayam jantan umumnya. Artinya, tidak ada perbedaan suara kokok yang khas untuk membedakannya. 

Mutan identik memiliki kekuatan super

Perlakuan ini mungkin saja dapat dibenarkan, soalnya pada kenyataannya seekor ayam mutan yaitu ayam birma yang mengalami mutasi genetik memiliki kecakapan bertarung di atas rata-rata.

Bahkan menurut pengalaman para botoh, ayam birma jantan yang berhasil menetas dari telur hijau akan menjadi ayam aduan istimewa.

Mereka sering mendapati ayam birma dengan teknik bertarung handal ternyata berasal dari keturunan indukan ayam birma telur hijau.

Disisi lain, memang ada kemungkinan kemampuan bertarung yang dimiliki oleh ayam tersebut sebagai reaksi dari mutasi genetik juga. Seperti dalam film-film, dimana mutan atau subjek yang terpapar mutasi genetik akan memiliki kekuatan super.

Posting Komentar untuk "Warna Telur Hijau Pada Ayam Birma, Begini Penjelasannya!"