Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Ayam Pakhoy, Merupakan Prospek Yang Menjanjikan Bagi Peternak Ayam

budidaya ayam pakhoy sangat menjanjikan

Budidaya ayam pakhoy

Konsisten itu penting, artinya jika memang fashion anda di bidang peternakan ayam maka lakukanlah dengan konsisten, dan fokus.

Selanjutnya jika anda merupakan peternak ayam yang fokus membudidayakan ayam jenis aduan, maka ayam pakhoy adalah pilihan tepat untuk anda yang ingin sukses menjadi peternak ayam aduan.

Mengapa ayam pakhoy?

Saat ini penggemar ayam pakhoy terbilang sangat banyak, disisi lain masih sedikit para peternak yang secara spesifik membudidayakan ayam jenis pakhoy tersebut.

Disamping itu, trend ayam aduan saat ini mengalami perubahan karakteristik para peminatnya. Dibidang teknik dan spesifikasi ras juga telah mengalami pembaharuan.

Saat ini para penggemar ayam aduan lebih menyukai jenis ayam modern dengan tipikal gaya bertarung yang bervariasi seperti yang dimiliki oleh ayam aduan dari line pakhoy.

Dengan kondisi yang seperti itu, kita sebagai peternak ayam harus bijak dan dapat memanfaatkan peluang ini sebagai langkah menuju peternak sukses.

Keuntungan ternak ayam pakhoy

Sebagai peternak ayam, khususnya peternakan ayam aduan kita harus mampu melihat prospek atau peluang usaha yang sekiranya mampu meningkatkan keuntungan dan laba usaha. 

Kita harus mampu menyesuaikan arah peternakan yang kita kelola agar selaras dengan permintaan pasar. Jangan sampai kita terlambat memahami perubahaan era ayam, sehingga akhirnya kita kehilangan pelanggan ataupun tertinggal dari peternak lainnya.

Berikut beberapa keuntungan dari beternak ayam pakhoy yang harus anda ketahui, agar mampu bersaing dengan peternak lain, dan tentunya berhasil memenuhi permintaan pasar.

Ayam pakhoy banyak penggemarnya

Seperti yang sudah dikatakan diawal, bahwa penggemar ataupun pecinta ayam pakhoy di nusantara terbilang cukup banyak.

Dengan jumlah yang begitu besar tersebut, saat ini peternak yang fokus memelihara ayam pakhoy masih sangat minim. Kondisi tersebut otomatis membuat ketersediaan ayam pakhoy di pasaran masih sangat langka. 

Ayam pakhoy masih memiliki trah ayam bangkok

Ayam aduan selalu identik dengan ayam bangkok, itulah kenyataan yang selama ini terjadi di kalangan para botoh ayam. Pecinta ayam bangkok sepertinya sudah terlalu fanatik dan melekat dengan keberadaan ayam bangkok tersebut.

Untungnya saja, ayam pakhoy ini masih memiliki trah ayam bangkok, dimana awal lahirnya ayam pakhoy merupakan silangan dari ayam bangkok dan ayam siam.

Dengan begitu, kita tidak perlu lagi melakukan promosi dan pengenalan lebih lanjut mengenai kualitas dari ayam pakhoy ini.

Tentunya jika mengacu dari nenek moyangnya yang merupakan ayam bangkok maka sudah dapat dipastikan para pecinta ayam bangkok dapat menerima kedatangan dari ayam pakhoy ini.

Ditambah lagi memang ayam pakhoy merupakan jenis ayam aduan yang tergolong istimewa dan mampu untuk diandalkan. Dari segi kemampuan bertarungnya saja sudah mampu memikat para botoh ayam.

Ayam pakhoy jenis ayam aduan yang termasuk modern

Ayam pakhoy merupakan hasil upgrade dari ayam bangkok, dengan kata lain ayam pakhoy ini tercipta untuk meningkatkan kinerja dan teknik yang dimiliki oleh nenek moyangnya.

Bentuk modernisasi ayam bangkok tersebut telah membuahkan hasil line baru yang telah kita kenal sebgai ayam pakhoy.

Sebagai ayam aduan modern, ayam pakhoy ini sudah membuktikan taringnya dalam kapasitasnya sebagai ayam tipe aduan.

Terbukti dari berbagai kontes ayam aduan, si pencabut bulu ini (sebutan bagi ayam pakhoy) telah berhasil memenangkannya.

Bahkan dengan karakternya yang brutal, energik dan garang mampu menghipnotis para botoh. itambah dengan penampilannya yang unik tersebut, ayam dengan tipe barkot brutal ini (sebutan lain untuk ayam pakhoy) telah memberikan tontonan yang memukau.

Ayam pakhoy memiliki harga yang masih terbilang tinggi

Jika sudah membicarakan tentang harga, tentunya akan membuat ketertarikan sendiri bagi peternak ayam. Memang pada dasarnya tujuan dari beternak ayam adalah untuk mendapatkan hasilnya, dimana dalam hal ini adalah keuntungan dalam bentuk materi.

Setelah kita panjang lebar menceritakan mengenai ayam pakhoy, kita saatnya membahas mengenai harga dari seekor ayam pakhoy ini.

Sebagai gambaran saja mengenai mengapa ayam pakhoy ini layak untuk dibudidayakan, tentunya karena harganya yang masih mahal.

harga anakan ayam pakhoy

Harga anakan ayam pakhoy

Anakan ayam pakhoy yang baru menetas atau bisa diblang masih DOC, tentunya belum bisa diketahui jenis kelaminnya antara jantan dan betina untuk saat ini dipasarannya masih tembus hingga 50 ribu hingga 100 ribu per ekor.

Nilai harga tersebut masih berupa kisaran, artinya masih dimungkinkan memiliki harga yang lebih tinggi lagi, apalagi jika anakan ayam pakhoy tersebut merupakan keturunan dari pejantan ayam pakhoy yang memiliki reputasi ayam jawara.

Harga ayam pakhoy umur 3 bulan

Untuk harga anakan ayam pakhoy umur 3 bulan, saat ini dipasaran masih menembus angka yang lumayan tinggi, yaitu hingga mencapai 500ribu.

Harga tersebut tergantung dari jenis kelamin dan asal-usul dari indukan dan pejantannya. Yang mana tentunya ayam pakhoy yang berasal dari garis keturunan yang jelas akan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Harga anakan ayam pakhoy import

Harga yang telah disebutkan diatas merupakan kisaran harga yang dipatok oleh para peternak lokal kita, tentunya harga akan berbeda jauh untuk anakan ayam pakhoy import.

Dimana untuk mengurus biaya transport dan pengirimn dari negara asalnya saja sudah memakan biaya yang lumayan menguras kantong untuk ukuran seekor ayam.

Namun meskipun harga belinya lumayan mahal, Anda sebagai peternak jika ingin meningkatkan kelas dan reputasi peternakan, sangat disarankan untuk mengimport ayam pakhoy langsung dari peternak negara asalnya sana.

Langkah tersebut dinilai lebih praktis dan cepat meeningkatkan pamor dan nama besar peternakan, daripada kita harus repot-repot merawat dan melatih ayam pakhoy dari nol hingga memiliki gelar.

Jangan khawatir mengenai harga tinggi yang akan ana keluarkan tersebut, karena tentunya semua itu nantinya sebanding dengan nilai jual yang dapat anda terapkan untuk keturunannya.

Jika mengimport ayam pakhoy dewasa dirasa terlalu mahal, maka solusinya adalah membeli yang masih anakan. Yang terpenting adalah ayam pakhoy yang akan kita datangkan tersebut memiliki kualitas yang istimewa.

Tips agar budidaya ayam pakhoy kita berhasil dan mampu bersaing di pasaran

Tips ini berguna bagi anda yang serius ingin beternak ayam pakhoy, karena meskipun kita telah berhasil membudidayakan ayam pakhoy ini, belum tentu kita mampu untuk menjulnya. 

Apalagi harga ayam pakhoy yang relatif mahal, tentunya kita membutuhkan usaha ekstra agar hasil ternak kita dapat diterima oleh para pelanggan, dalam hal ini adalah mereka para pecinta ayam pakhoy.

Berikut tips dan trik pemasaran yang dapat anda lakukan, antara lain:

  1. Tetap utamakan kualitas dan mutu ayam pakhoy dipeternakan kita
  2. Lakukan perawatan dengan sungguh-sungguh agar ayam pakhoy sehat, dan terhindar dari penyakit berbahaya.
  3. Untuk mendapatkan untung yang cepat, jual ayam pakhoy sejak masih anakan.
  4. Untuk mendapatkan untung yang maksimal, jual ayam pakhoy dewasa dalam kondisi sudah digarap atau ayam pakhoy sudah siapan.
  5. Lakukan promosi sebagai bentuk perkenalan terhadap pelanggan, dapat secara langsung ataupun dengan memanfaatkan media online.
  6. Berikan harga promo dan diskon untuk pembelian partai besar, trik ini terbukti dapat menarik minat pembeli.
  7. Layani pelanggan dengan iklas dan semangat, jawab setiap pertanyaan yang mungkin ditanyakan dengan bahasa yang santun.
  8. Jangan putus asa dan tetap optimis akan hasil yang akan kita capai.



Posting Komentar untuk "Budidaya Ayam Pakhoy, Merupakan Prospek Yang Menjanjikan Bagi Peternak Ayam"