Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Ayam Pakhoy Ori Dan Ayam Pakhoy Silangan

Perbedaan Antara Ayam Pakhoy Ori Dan Ayam Pakhoy Silangan

Tips Mengetahui Ayam Pakhoy Ori Dan Ayam Pakhoy Yang Sudah Silangan

Letak perbedaan antara ayam pakhoy ori dengan ayam pakhoy yang sudah silangan adalah dari asal usul nenek moyangnya.

Sudah pernah dibahas bahwa ayam pakoy ori sebenarnya juga berasal dari ayam silangan, artinya ayam pakhoy ini bukanlah jenis trah ayam murni.

Meskipun bukan termasuk ayam trah murni seperti halnya ayam aduan jenis ayam bangkok ataupun ayam pama, tetapi ayam pakhoy tetap dikategorikan sebagai salah satu line ayam aduan baru.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui mengenai ayam pakhoy ori dan ayam pakhoy silangan, yang dapat anda gunakan sebagai parameter dalam membedakan antara keduanya:

Ayam pakhoy ori F1 

Adalah ayam yang dimemiliki oleh peternakan Mr. Pack Thong Chay. Ayam tersebut sudah dipatenkan sebagai satu-satunya ayam pakhoy yang masih original dan menyandang gelar ayam pakhoy original F1.

Kemungkinan besar ayam pakhoy F1 ini sudah pensiun, atau bahkan karena keterbatasan usia bisa saja ayam pakhoy F1 sudah tidak ada lagi.

Jadi, jika ada oknum peternak di Indonesia yang mengatakan ataupun menyebut ayam pakhoy peliharaannya adalah ayam pakoy ori F1 maka dapat disimpulkan itu adalah Hoak dan penipuan. 

Ayam pakhoy ori F2

Merupakan ayam pakhoy keturunan langsung dari ayam pakhoy milik peternakan Mr. Pack Thong Chay. Bisa dikatakan bahwa ayam pakoy F2 adalah anakan dari ayam pakoy F1.

Jenis ayam pakoy F2 inilah yang akhirnya sampai ke berbagai peternakan di seluruh dunia, termasuk juga telah di ekspor hingga ke Indonesia.

Ayam pakhoy ori F2 tentunya bukan hanya merujuk pada ayam pakhoy jantan saja, namun termasuk juga pada ayam pakhoy betina.

Untuk mendapatkan ayam pakhoy ori F2, saat ini kita tidak perlu lagi mengimpor dari Thailand lagi. Hal itu karena di Indonesia sendiri sudah banyak peternak yang memelihara ayam pakhoy ori F2 ini.

Demi menjaga line ayam pakhoy ori F2 tersebut, para peternak dari luar thailand termasuk juga peternak Indonesia harus mengimpor minimal satu pasang ayam pakhoy ori hasil anakan langsung dari ayam pakhoy F1.

Persilangan satu darah tersebut dimaksudkan untuk mempertahankan kemurnian ras, dan gen nya atau dalam istilah peternakan di sebut sebagai teknik inbreeding.

Ayam pakhoy ori F3

Ayam pakoy ori f3 ini berasal dari persilangan antara ayam pakhoy f1 dengan ayam pakhoy f2. Ayam pakhoy generasi inilah yang saat ini banyak beredar di masyarakat, termasuk yang sekarang banyak digunakan sebagai materi ternak oleh para peternak ayam pakhoy di Indonesia.

Jika anda merasa memiliki ayam pakhoy yang asli atau ingin mengklaim bahwa ayam peliharaan anda adalah ayam pakhoy murni, maka lebih bijaksanalah saat menyebutkan generasinya.

Akan lebih tepatnya jika memang ayam pakhoy anda tersebut merupakan line yang masih kental, maka anda bisa menyebut ayam peliharaan anda sebagai ayam pakhoy F3.

Penyebutan tersebut memang dirasa lebih sesuai jika merunut dari asal-usul genetiknya. Dan dengan pemberian sebutan ayam pakhoy peliharaan sebagai generasi f3 akan lebih dipercaya daripada harus mengatakannya sebagai genersi f2 ataupun generasi f1.

Selain itu, tentunya karena memang generasi f1 dan generasi f2 ayam pakhoy saat ini sudah tidak mungkin ditemukan lagi.

Ayam Pakhoy silangan

Disebut sebagai ayam pakhoy silangan karena salah satu nenek moyangnya bukanlah merupakan ayam pakhoy ori. Dengan kata lain dapat diartikan bahwa ayam pakhoy silangan merupakan hasil crossbreeding ayam pakhoy ori dengan ayam dari line atau jenis lainnya.

Tentunya anda telah mengenal berbagai line ayam selain ayam pakhoy ini, misalnya dari line bangkok, line pama, line mangon, line birma, line shamo, ataupun line lainnya.

Selanjutnya untuk mendapatkan generasi ayam pakoy silangan, line tersebut yang sudah disebutkan diatas dijadikan parent nya. Bisa berupa ayam pakhoy ori yang jadi pacek atau pejantannya dan ayam line lain yang di jadikan indukannya, ataupun sebaliknya.

Sebagai contoh, jika anda memiliki pejantan pakhoy ori dan ternyata anda tidak memiliki ayam pakhoy betina, yang anda miliki saat ini misalnya saja ayam betina birma. 

Dengan teknik silangan ini berarti anda dapat melakukan crossing antara ayam pakhoy jantan ori tersebut dengan ayam betina dari line birma yang telah anda persiapkan tadi sebagai indukannya.

Hasil persilangan yang telah anda lakukan tersebut nantinya akan lahir generasi baru yang disebut sebagai ayam pakhoy silangan birma.

Kualitas ayam pakhoy ori dengan ayam pakhoy yang sudah silangan

Jika membahas kualitas yang dimiliki dari ayam pakhoy ori maupun ayam pakhoy yang sudah silangan, maka kita tidak dapat hanya melihat dari satu sisi saja.

Tentunya terdapat beberapa faktor yang akan menjadi pertimbangan dan tolak ukur. Maka dari itu kita harus memahami juga fungsi dan tujuannya.

Misalnya saja jika kita bicara mengenai kualitas gen, maka ayam pakhoy ori generasi f1 adalah yang masih kental. Sedangkan gen pakhoy yang ada pada ayam silangan tentunya lebih kecil presentasinya.

Selanjutnya jika mengenai teknik bertarungnya, tentu ayam pakhoy ori akan lebih murni dalam hal ini. Sedangkan ayam pakhoy silangan akan terlihat lebih memiliki banyak variasi, hal ini karena adanya pengaruh teknik dari ayam line lain.

Namun apapun generasi ayam pakhoy yang anda miliki, entah merupakan ayam pakhoy yang masih ori ataupun sudah disilangkan, kunci utama adalah tergantung perawatan harian. Artinya apapun ayam anda tersebut jika memang memiliki kualitas yang bagus maka harus dijaga dan dirawat sebaik-baiknya.

Maksudnya jika memang bukan berasal dari trah juara ataupun juga anda telah salah dalam melakukan perawatan hariannya maka dapat dipastikan kualitasnya akan buruk juga, meskipun ayam tersebut merupakan pakhoy original.

Mengapa bisa demikian, sebab dalam satu tetasan misalnya saja telah menetas 10 ekor anak ayam, maka bukan berarti semuanya kelak akan menjadi ayam yang berkualitas, bisa saja hanya 7 ekor yang terlihat berbakat, atau mungkin saja hanya 1 ekor, bahkan bisa jadi dari 10 ekor tersebut tidak ada satupun yang memiliki kualitas bagus.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Ayam Pakhoy Ori Dan Ayam Pakhoy Silangan"